Persaingan yang semakin ketat menuntut suatu perusahaan agar dapat menciptakan, memperkenalkan produk- produk inovatif dengan kualitas terbaik dan harga yang dapat diterima pasar namun tetap memperhitungkan tingkat keuntungan yang ingin diwujudkan. Untuk itu perusahaan harus memiliki strategi atau metode perencanaan biaya yang tepat untuk mencapai target laba yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis perbandingan metode traditional costing dan metode target costing sebagai upaya dalam mengoptimalkan laba operasi pada UD. Djawa Mandiri. Jenis penelitian yang digunakan dari penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif, Sumber data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya produksi dengan menggunakan metode traditional costing adalah sebesar Rp. 764.805.000, sedangkan saat menggunakan metode target costing perusahaan mampu meminimalisir harga pokok produksiya menjadi Rp. 743.985.000 dan laba yang sebelumnya hanya 24% dapat meningkat menjadi 26% sesuai dengan target laba yang diinginkan oleh perusahaan. Kata Kunci: Traditional costing, Target Costing, laba
Copyrights © 2022