JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 8, No 1 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray (TS–TS) Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis

Lily Rohanita Hasibuan (Unknown)
Sakinah Ubudiyah Siregar (Unknown)
Indah Fitria Rahma (Unknown)
Ariska Septieny Fauzi (Unknown)
Boy Simbolon (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Keadaan yang melatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa tercermin dari sistem pembelajarannya masih konvensional dan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi yang diajarkan. Untuk menindaklanjuti masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS), penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas yang memakai model pembelajaran konvensional dengan kelas yang memakai model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) di SMP Negeri 1 Torgamba pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian qausi eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 torgamba yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari duua kelas, satu kelas eksperimen berjumlah 31 dan satu kelas sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuann yang terdiri dari data pretest dan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray (ts-ts) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, dari penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray lebih tinggi dari rat-rata kemampuan komunukasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...