Lampuhyang
Vol 14 No 1 (2023)

Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengelola Kelas Mahasiswa Keguruan melalui Simulasi

Ni Kadek Juliantari (Unknown)
I Nyoman Subadra (STKIP Agama Hindu Amlapura)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengelola kelas mahasiswa semester V Prodi PGSD dalam matakuliah Pengelolaan Kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan dengan dua siklus dan tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi, dan refleksi. Data diolah dengan cara dekriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan simulasi dapat meningkatkan keterampilan mengelola kelas mahasiswa semester V Prodi PGSD STKIP Agama Hindu Amlapura. Pada siklus I, nilai rata-ratanya 72,62 dengan persentase ketercapaian 73,08% menjadi 77,08 dengan persentase ketercapaian 92,31%. Peningkatan tersebut terjadi karena berbagai keunggulan dalam kegiatan pelaksanaan tindakan. Pertama, mahasiswa semakin antusias mengikuti kegiatan simulasi karena teman-temannya sangat optimal memerankan diri sebagai siswa. Kedua, mahasiswa mendapat pengalaman dari rekan-rekan sejawat yang telah melakukan simulai lebih dahulu. Ketiga, mahasiswa dapat sharing pengetahuan dan pengalaman kepada teman-temannya. Keempat, persiapan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan simulasi juga optimal sehingga saat kegiatan pengelolaan kelas mahasiswa menjadi semakin siap. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa metode simulasi efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang melatih atau mengasah keterampilan siswa, salah satunya adalah keterampilan mengelola kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnallampuhyang

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal LAMPUHYANG Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Jurnal LAMPUHYANG terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan ...