Ecopreneurship mengusung konsep kewirausahaan berorientasi pada kepdulian lingkungan. Karakteristik materi Biologi sangat berpotensi sebagai sarana untuk mengembangkan ecopreneurship peserta didik, misalnya dengan mengintegrasikan ecopreneurship dalam bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan siswa dan guru SMA Negeri Pakusari JemberĀ terhadap bahan ajar Biologi bermuatan Ecopreneurship pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket analisis kebutuhan oleh 28 siswa dan wawancara guru Biologi di SMA Negeri Pakusari Jember. Berdasarkan hasil pengisian angket analisis kebutuhan diketahui bahwa bahan ajar bermuatan ecopreneurship relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini. Siswa dan guru setuju terhadap pengembangan bahan ajar Biologi bermuatan Ecopreneurship pada materi perubahan lingkungan. Pengembangannya harus sesuai dengan kebutuhan siswa baik dari aspek materi, penyajian, bahasa, maupun grafis.
Copyrights © 2023