Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 1 (2023): Maret 2023

Model Contextual Teaching Learning dan Pengaruhnya terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar

I Gusti Ayu Putu Lisa Putri (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Wayan Wiarta (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Ni Nyoman Ganing (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2023

Abstract

Hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi pengetahuan dalam mata pelajaran matematika belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model contextual teaching earning terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-equivalent control grup design. Polulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD sebanyak 189 siswa yang terdiri dari 8 kelas dari 7 sekolah. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan siswa berjumlah 32 orang kelompok eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif. Data dianalisis dengan uji anakova. Hasil analisis data yaitu Fhitung sama dengan 50,238 lebih dari Ftabel sama dengan 4,013 pada taraf signifikansi 5% dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 56, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model CTL dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model CTL setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test). Nilai rata-rata post-test kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen adalah 88,125 lebih dari kelompok kontrol adalah 75,259. Dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching learning (CTL) berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan matematika setelah mengontrol tes kemampuan awal (pre-test) siswa kelas II SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...