Journal of Authentic Research on Mathematics Eduacation (JARME)
Vol 5, No 1 (2023)

META-SINTESIS: KONSEPTUALISASI TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG EFEKTIF

Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageung Tirtayasa)
Hepsi Nindiasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Ketika Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) secara fenomenal diakui sebagai kerangka kerja profesional guru, banyak para peneliti berlomba untuk mengkonseptualisasikan kerangka kerja tersebut berdasarkan pada disiplin ilmu. Hal ini menunjukkan bahwa TPACK merupakan kerangka kerja yang sifatnya terbuka untuk beragam pendekatan terutama dikaitkan dengan praktik pembelajaran. Dalam artikel ini, suatu meta-sintesis digunakan untuk menganalisis 8 buah jurnal dari 35 buah jurnal internasional pada rentang 2009-2022 yang dipandang relevan dan paling merepresentasikan keragaman dari konseptualisasi TPACK pada pembelajaran matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan meta-agregasi dimulai dari: memformulasikan pertanyaan penelitian, penelusuran literatur jurnal, analisis-sistesis temuan kualitatif, dan pengendalian mutu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPACK dalam matematika (disebutkan sebagai Technological, Pedagogical, Mathematical Knowledge/TPMK) dikonseptualisasikan secara berbeda-beda berdasarkan karakteristik yang termuat pada pengetahuan dasar: TK (Technological Knowledge), CK (Content Knowledge)/MCK (Mathematical Content Knowledge), dan PK (Pedagogical Knowledge). Ketiga pengetahuan dasar ini tentu saja akan turut mempengaruhi konseptualisasi pengetahuan perantara: TPK (Technological Pedagogical Knowledge), TMK (Technological Mathematical Content Knowledge), PMK (Pedagogical Mathematical Content Knowledge), dan TPMK.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jarme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME) ISSN: 2655-7762 (online) diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi. ...