Memahami teks bahasa Inggris adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk menguasai materi yang diajarkan. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan memahami teks bahkan setelah membaca teks berulang kali. Satu masalah yang sering dihadapi siswa adalah ketidakmampuan memahami maksud dan tujuan sebuah teks. Oleh karena itu, kegiatan ini penting sebagai solusi bagi siswa untuk memahami teks bahasa Inggris. Salah satu cara untuk mendukung pemahaman membaca siswa adalah dengan metode PQ4R. Target kegiatan ini adalah siswa SMP Amalyatul Huda. Kegiatan dilakukan dengan menyediakan materi penerapan metode PQ4R dan mengerjakan latihan tes pemahaman bahasa Inggris. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa pemahaman siswa tentang penerapan metode PQ4R meningkat yang berdampak pada peningkatan pemahaman siswa melalui angket dan hasil tes. Dari hasil angket diketahui bahwa 92% siswa memahami cara penggunaan metode PQ4R, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil tes menunjukkan nilai rata rata pemahaman siswa memperoleh 75 poin. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa implementasi metode PQ4R mampu meningkatkan pemahaman siswa SMP Amalyatul Huda.
Copyrights © 2023