SULUH: Jurnal Abdimas
Vol 4 No 2 (2023): SULUH: Jurnal Abdimas Februari

SCALE-UP BRAND: UPAYA ALTERNATIF KEBERLANJUTAN BISNIS UMKM

Agustin Palupi (Program Studi Akuntansi Trisakti School of Management)
Luh Putu Virra Indah Perdanawati (Program Studi Manajemen Universitas Ngurah Rai Bali)
Maulina Agustiningsih (Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Bangkinang)
Rista Bintara (Program Studi Akuntansi Universitas Mercubuana)
Vaya Juliana Dillak (Program Studi Akuntansi Universitas Telkom)
Victor Pinondang (Mahasiswa Doktoral Ilmu Akuntansi Universitas Padjajaran)
Wahyudin Zakarsi (Program Studi Akuntansi Universitas Padjajaran)
Srihadi Srihadi (Program Studi Akuntansi Universitas Padjajaran)
Citra Sukmadilaga (Program Studi Akuntansi Universitas Padjajaran)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

UMKM Kirtania Wayang Kamasan merupakan usaha mikro yang bergerak di bidang kerajinan seni lukis khas Wayang Kamasan. Saat awal didirikan, sistem produksi berupa pembuatan dengan pesanan order terlebih dahulu namun secara perlahan saat ini telah mulai menyiapkan stok produk di Homestore. Dampak pandemi COVID-19 menyebabkan permintaan produk juga tersebut mengalami penurunan drastis. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan pada aspek manajemen usaha terkait proses produksi, penguatan branding dan juga peningkatan target pasar melalui direct selling maupun digital marketing. Tahapan pertama pada saat identifikasi masalah terlihat bahwa masalah internal utama yang dihadapi adalah aspek bisnis terkait kurangnya SDM pelukis yang menyebabkan ketidakpastian proses produksi, branding serta pangsa pasar produk. Untuk itu, tahap kedua adalah tim pelaksanakan kegiatan melakukan kunjungan dan mengedukasi proses produksi hingga keselamatan kerja. Tim pelaksana juga membuat profil usaha pada website guna mencari peluang penjualan secara digital marketing. Peningkatan penjualan secara langsung juga dilakukan melalui bazar maupun pameran. Pendampingan pakar dilakukan melalui webinar sebanyak dua kali dengan tema strategi bisnis dan branding. Sebagai upaya evaluasi kegiatan, maka tim pengabdian masyarakat secara langsung melakukan komunikasi dan evaluasi dengan pemilik UMKM. Kegiatan pendampingan menghasilkan indentifikasi proses dan target produksi serta penguatan brand dalam meningkatkan pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SULUH

Publisher

Subject

Education Library & Information Science Other

Description

SULUH: Jurnal Abdimas adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai pada layanan ...