Fakultas Ekonomi
Vol 2, No 2 (2014)

Analisa Break Event Point Sebagai Dasar Kebijaksanaan Penetapan Harga Yang Tepat Dalam Mengoptimalkan Profitabilitas Pada UKM Toko Roti Periode 2011-2013

Nurwati, Riska ( Program Studi Manajemen)
Rifa’i, M. ( Program Studi Manajemen)
Dewi N, Retno Ayu ( Program Studi Manajemen)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2014

Abstract

1)Mengetahui perhitungan Berak Event Point pada Toko Roti Fadhilah Bakery 2) Mengetahui pengukuran tingkat profitabilitas pada Toko Roti Fadhilah Bakery 3) Memahami penetapan harga pada Toko Roti Fadhilah Bakery. Penelitian ini dilakukan di Toko Roti Fadhilah Bakery yang beralamat di Jalan Raya Tlogomas No. 6, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam meneliti adalah metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang diteliti berdasarkan fakta yang benar terjadi atau sesuai dengan kondisi yang terjadi. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa terjadi penuruanan biaya variabel untuk produk roti roll yaitu sebesar Rp. 281.120,59 sedangkan untuk produk roti tawar yaitu mengalami peningkatan Rp. 33.129,6. Besarnya titik impas penjualan dengan menggunakan pendekatan margin kontribusi rata-rata tertimbang dalam upaya untuk peningkatan profitabilitas perusahaan, dengan perusahaan menetapkan laba yang diperoleh sebesar 25%. Karena toko Roti Fadhilah Bakery merupakan perusahaan yang memiliki produk lebih dari satu jenis dengan menggunakan biaya tetap yang sama. Berdasarkan hasil perhitungan maka dapat diketahui bahwa untuk titik impasnya produk roti roll sebesar 6,816 dos dan untuk produk roti tawar yaitu sebesar 8,111 dos

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

EKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Tribhuwana Tunggadewi ...