Inculco Journal of Christian Education
Vol 1, No 2 (2021): Vol 1, No 2 (2021): Juni 2021

METODE MENGAJAR: KAJIAN RELASI ANTARA PENDIDIKAN GEREJA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS

Indro Puspito (STAK Anak Bangsa)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

Tugas pendidikan yang paling mulia, yaitu pembinaan sikap hidup yang merupakan unsur utama pengembangan watak. Persoalan yang muncul pada fenome lapangan adalah:  Apakah yang dimaksud dengan Pendidikan yang Alkitab? Bagaimana Bentuk dalam Pendidikan Gereja? Bagaimanakah Metode Mengajar menjadi Relasi antara Bentuk Pendidikan Gereja dengan Perkembangan Psikologis? Jawaban adalah: Pertama, pendidikan yang Alkitab adalah  usaha menumbuhkembangkan wawasan, kemampuan dan sikap hidup peserta didik melalui pengajaran dan teladan pendidiknya, agar (tujuannya) menjadi pribadi yang beriman, berintegritas, berwatak seperti Yesus dan mampu menggunakan imannya dalam menjawab tantangan hidup serta mampu memanusiakan sesamanya dengan berbagai kehidupan yang telah dikaruniakan Tuhan yang diberikan kepada anak-anak sejak kecil dan diajarkan oleh orang-orang yang mempunyai karunia, cakap mengajar dan keteladan hidup yang nyata berdasarkan nilai-nilai Alkitab. Kedua, bentuk pendidikan Kristen dalam gereja dilakukan sesuai kebutuhan para jemaat di gereja  dengan cara bekerja sebagai pengemngembangan dalam adalah: (1) PAK Anak dalam Ibadah Sekolah Minggu, (2) PAK Remaja dalam Ibadah Remaja, (3) PAK Pemuda dalam Ibadah Pemuda, dan (4) PAK Dewasa dalam Ibadah Dewasa.  Ketiga, metode mengajar menjadi relasi antara bentuk pendidikan gereja dengan perkembangan psikologis sebagai berikut: (a) Metode Mengajar Anak:  (b) Cerita dalam arti yang sesungguhnya.  (2)  Lambang-lambang, gambar, audio-visual. (c) Alat ini dibutuhkan untuk membentuk anak mengerti dan menghayati ke dalam kisah yang dibawakan guru. (2) Perkembangan Psikoliogis Remaja: (a) Metode yang berpusatkan pada guru, (b) Metode yang menekankan team work, (c) Metode yang berpusatkan pada guru dan murid, (d) Metode dengan alat peraga, (e) Metode yang dilakukan outdoor, dan  (f) Penggabungan beberapa metode sekaligus. (3) Metode mengajar pemuda berikut: (a) Metode yang berpusatkan pada guru, (b) Metode yang menekankan team work, (c) Metode yang berpusatkan pada guru dan murid, (d) Metode dengan alat peraga, (e) Metode yang dilakukan outdoor, dan (f) Penggabungan beberapa metode sekaligus. (4) Metode Mengajar Dewasa berikut: (a) Metode ceramah, (b) Metode menghafalkan, (c) Metode dialog, (d) Metode studi kasus, ( e) Metode perjumpaan, dan (f) Metode perbuatan simbol.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijce

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Inculco Journal of Christian Education (IJCE) adalah jurnal penelitian peer-review (proses penelusuran atas kualitas suatu karya tulis ilmiah oleh ahli lain di bidang yang bersesuaian) akses terbuka berkualitas. Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi ...