Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 2 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pengaruh Regulasi Diri Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Schoology Terhadap Pemecahan Masalah Fisika Mahasiswa

Napis Napis (Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia)
Rahmatulloh Rahmatulloh (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapan pembelajaran daring menggunakan schoology dengan mengontrol regulasi diri dan bagaimana pengaruhnya terhadap pemecahan masalah Fisika. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Sampel sebanyak 60 mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI yang diambil secara acak. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah Fisika, sedangkan regulasi diri menggunakan kuesioner. Data penelitian telah melalui uji normalitas, dan uji linieritas regresi, dan analisis varians (anava). Hasil uji statistik membuktikan bahwa regulasi diri memberikan efek positif terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika. Regulasi diri dalam belajar cukup membantu mahasiswa dalam pembelajaran daring. Mahasiswa dengan regulasi diri yang baik selama pembelajaran daring menggunakan schoology memiliki kecenderungan kemampuan pemecahan masalah Fisika yang relatif baik. Mengaktifkan regulasi diri dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Fisika mahasiswa. Dengan demkian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan yang lebih baik dari aspek regulasi diri, mampu melakukan kegiatan belajar yang mandiri, bertanggung jawab dengan penuh motivasi dan partisipasi aktif. Regulasi diri mampu mengendalikan perilaku mahasiswa agar tetap fokus selama pembelajaran daring menggunakan schoology, serta berorientasi pada tujuan pemecahan masalah. Regulasi diri yang baik dapat mengontrol tindakan dalam mengambil keputusan mengenai solusi yang diambil dalam pemecahan masalah serta menemukan jawaban yang terdapat dalam soal Fisika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...