cover
Contact Name
Siti Ainul Kholifah
Contact Email
japendipublikasiindonesia@gmail.com
Phone
+6285795165886
Journal Mail Official
japendi.publikasiindonesia@gmail.com
Editorial Address
Green land sendang blok H1, Sendang-Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
ISSN : 27457141     EISSN : 27461920     DOI : 10.36418
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. This journal publishes research and study on education management, curriculum, education assessment, education policy, education technology, learning and teaching, and culture.
Articles 473 Documents
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Ivan Fanani Qomusuddin; Ubun Bunyamin
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.549 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i2.3

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru, pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja Guru, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Rancakalong Sumedang sebanyak 102 guru. Sampel yang diambil secara cluster random sampling sebanyak 82 guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, korelasi dan regresi sederhana dan berganda dengan menggunakan SPSS Windows Version 20. Hasil penelitian membuktikan bahwa pertama, ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Gugus 1 SDN se-Kecamatan Rancakalong Sumedang. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) sebesar 18,2% sisanya sebesar 81,8% ditentukan variabel yang lain. Kedua ada pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di Gugus 1 SDN se-Kecamatan Rancakalong Sumedang. Besarnya pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 19,4% sisanya sebesar 80,6% ditentukan variabel yang lain . Dan ketiga, ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kinerja guru secara bersama-sama sebesar 22,3%, hal ini berarti bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama dapat mempengaruhi kinerja guru Gugus 1 SDN se- Kecamatan Rancakalong Sumedang sebesar 22,3% dan sisanya sebesar 77,7% ditentukan variabel yang lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Penerapan Teknik Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Umum Newton Muhamad Ridwan
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.505 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i2.5

Abstract

Hasil pembelajaran selama ini menunjukkan fisika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan teknik pembelajaran aktif  dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa terhadap materi Hukum Gravitasi Umum Newton. Teknik pembelajaran aktif yang diterapkan  meliputi: penggunaan multimedia, tugas membuat catatan dengan bimbingan  dan pengajaran sinergi. Penerapan ketiga teknik tersebut dilakukan secara bertahap melalui dua siklus penelitian. Pada siklus pertama, pemanfaatan multimedia disertai tugas membuat catatan  dengan bimbingan digunakan dalam pembelajaran, dan ternyata mampu meningkatkan penguasaa konsep siswa terhadap materi yang diajarakan, namun belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Sebagai tidak lanjut  dilakukanlah siklus kedua. Teknik pembelajaran pada siklus II meliputi penggunaan multimedia, tugas membuat catatan dengan bimbingan dan pengajaran sinergis. Hasilnya ternyata perlakuan pada siklus II  berhasil mencapai kriteria keberhasilan. Untuk mengukur dampak perlakuan digunakan  tes penguasaan konsep sebagai instrumen utama, disamping porto polio, respon siswa, dan observasi kelas. Tes penguasaan konsep diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Rata-rata gain hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran aktif berpengaruh meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1  terhadap materi Hukum Gravitasi Umum Newton. Ternyata beragam teknik pembelajaran aktif yang diterapkan secara sinergis dalam pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa secara multi sensori.
Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Labisal Fitri Al Qolbi; Taufik Ridwan
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.725 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja guru SMK Syntax Business School (SBS) Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif evaluatif. Subjek yang diteliti adalah Guru SMK Syntax Business School (SBS) Kuningan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukandengan mereduksi data, mendisplay data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru dapat dipengaruhi beberapa faktor diantaranya dengan peran kepala sekolah yang harus memotivasi dan memberikan perhatian kepada guru-guru, kedisiplinan kepala sekolah dan kebijaksanaan kepala sekolah dalam segala hal, budaya organisasi daalam meninnggkatkan kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pembuatan peraturan dan atata tertib untuk guru dan siswa dan kemudian adanya kerjasama tim yang kuat, perencanaan kinerja guru dalam meningkatkan kinerja guru dipengaruhi beberapa faktor diantaranya adalah pemberian pembekalan kepada guruguru, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan penataran atau pelatihan, dan pemberian tugas kepada guru-guru. . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan motovatif dan budaya organisasi yang kuat dapat meningkatkan kinerja guru.
Penggunaan Strategi KWL (Know-Want-Learn) Terhadap Pembelajaran Membaca Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas X SMK Al – Washliyah Cirebon Lili Sururi Asipi
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.266 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i2.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan yang signifikan membaca teks deskriptif antara siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui strategi K-W-L dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi K-W-L pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon; (2) menguji keefektifan strategi K-W-L dalam pembelajaran membaca teks deskriptif pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon. Lokasi penelitiam ini dilaksanakan di SMK Al – Washliyah Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi eksperimen. Data diperoleh dengan pretest dan posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen. Adapun Instrumen validitas dan reliabilitas dilakukan dengan SPSS 17. Penelitian ini dilakukan di kelas X AP sebagai kelas kontrol dengan jumlah sample 26 dan kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sample 26 total keseluruhan sample 52 siswa. Sebelum menganalisis data dilakukan uji persyaratan data dengan menggunakan normalitas dan uji homogenitas dan diketahui hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa penelitian ini normal dan homogen. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh signifikan perbedaan antara siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran K-W-L (Know-Want-Learn) dan siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran K-W-L (Know-Want-Learn terhadap pembelajaran membaca teks deskriptif pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan data uji-t hitung posstest kelompok kontrol dan eksperimen lebih dari t tabel (3.407> 2.000). Nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 (p = 0,000 <0,05). (2) Terdapat pengaruh signifikan kefektifan penggunaan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) terhadap kemampuan membaca teks deskriptif pada siswa kelas 10 SMK Al – Washliyah Cirebon. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t-test dan posttest kelompok eksperimen yang diperoleh dari t-tabel. Nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 (p = 0,000 <0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi KWL (Know-Want-Learn) sangat efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks deskriptif pada siswa kelas X SMK Al – Washliyah Cirebon
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sehari-Hari di SD Islam Terpadu Al-Rahmah Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon Khurul Ien
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.233 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i1.8

Abstract

Penelitian dilakukan di SD Islam Terpadu Al-Rahmah, dengansubyek penelitian adalah seluruh siswa. Pengumpulan datadilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan,wawancara, dan dokumentasi. Analsisis data dilakukan denganmemberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan.Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasiatau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarikkesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh tigasimpulan. Pertama implementasi pendidikan karakter melaluipembiasaan sehari-hari yang diterapkan di SD Islam TerpaduAl Rahmah telah ditetapkan sejak awal berdirinya sekolah,namun sejak tahun 2017 ada perubahan mengenai pembiasaansehari-hari guna mendorong peserta didik agar lebihmengutamakan sikap yang baik dan memiliki perilaku sopandan santun. Kedua, mengenai faktor pendorong danpenghambat yang akan menjadikan proses dalam menerapkankarakter itu sendiri dan yang ketiga adalah solusi daripermasalahan yang dihadapi sebab untuk menerapkanpendidikan karakter butuh proses waktu yang tidak sedikit,selain itu membutuhkan kerjasama antara kepala sekolah,guru-guru, peserta didik juga orangtua peserta didik
Peran Ekstrakulikuler Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMAN 1 Ciwaringin Kholil Baehaqi; Arif Rohman Hakim
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.42 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i1.9

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranektrakurikuler keagamaan keterampilan serta karakter religiussiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatifdengan pendekatan deskiptif, yaitu peneliti berupaya untukmendeskripsikan bagaimana fungsi dan peran ekstrakurikulerkeagamaan bagi siswa di SMAN 1 Ciwaringin. Silabusdigunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaanya yang sudahdisesuaikan dalam perencanan. Karakter yang dibentuk dalampelaksanaan ekstrakulikuler ini adalah karakter religius imandan taqwa. Karakter ini diharapkan mampu menjadi bentengbagi siswa dalam menjalani kehidupan. Hambatan yang ditemukan antara lain adalah tingkat peminatan siswa yangmasih minim terhadap kegiatan ektrakurikuler keagamaan
Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon Dwi Nopiyadi
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.155 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i2.10

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar 1) Pengaruh kebiasaan membaca dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon, 2) Pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon, dan 3) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel berukuran 90 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas X, XI, dan XII di SMA tersebut . Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai November 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui metode regresi sederhana dan regresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung 16,147 > Ftabel 3.10. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.0,019 < 0,05 dan thitung 2,394 > ttabel 1.98. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung 5,068 > ttabel 1.98
Faktor Penyebab Meningkatnya Minat Belajar Ilmu Agama Ibu Rumah Tangga di Era Milenial (Studi Kasus di Majlis Ta’lim An Nisa’ Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati) Moh Fadhil
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.45 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan meningkatnya minat belajar ilmu agama ibu-ibu rumah tangga di Majlis Ta’lim An Nisa’Desa Tlogorejo Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif deskripstif. Instrumen penulisannya human instrumen (penulis sendiri). Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan intervew, dokumentasi, dan observasi. Setelah data terkumpul, uji keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi data atau dengan mencari data pendukung. Untuk menganalisa data hasil penulisan, digunakan metode deskriptif-kualitatif. Hasil dari reduksi data tersebut, disajikan dalam bentuk display data dengan menggunakan uraian naratif, dan kemudian terakhir disimpulkan. Hasil penelitian ini Faktor-faktor penyebab meningkatnya minat belajar ilmu agama ibu rumah tangga majelis ta’lim An Nisa’ ini ada dua yaitu intern dan ekstern, adapun intern adalah kebutuhan, kesadaran, pengalaman,rasa suka dan cita-cita, juga menyadari bahwa dirinya masih kurang dalam ilmu agama yang demikian itulah menjadikan mereka giat dalam mengikuti majelis ta’lim an nisa’ ini,. Dan faktor ekstern yaitu mereka terpengaruh oleh lingkungan baik keluarga maupun dari masyarakat sekitar. Selain itumereka juga mengikuti majlis ta’lim ini dikarenakan ingin menjalin tali silaturahmi sesama umat muslim.
Tantangan Widyaiswara Badiklat Kemhan di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pelatihan Juwita
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.166 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i2.13

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas Widyaiswara Pusdiklat badiklat Kemhan di era revolusi industri 4.0 dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan kemampuan berinovasi dan pengembangan diri demi terwujudnya pemberian mutu pendidikan dan pelatihan serta pembelajaran yang dengan perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian empirisme penelitian yang objek penelitiannya mengenai gejala dan peristiwa serta fenomena yang terjadi di masyarakat, lembaga atau negara yang bersifat non pustaka derngan melihat fenomena yang terdapat di Masyarakat. Hasil peneltiian ini menunjukkan bahwa Widyaiswara dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam merespon tantangan kekinian pembangunan nasional yang serba digitalisasi terutama paradigma pergeseran pembelajaran dikjartih melalui system E Learning dengan demikian Widyaiswara dapat berperan lebih luas, tidak hanya sekedar sebagai pendidik pengajaran dan pelatihan saja tetapi juga bersama dengan lembaga diklat itu sendiri turut mengevaluasi dan menganalisis kebutuhan diklat, , sehingga paradigma baru dapat tercapai dan tantangan diklat di era revolusi industry 4.0 dapat teratasi
Peningkatan Hafalan Asmaul Husna Melalui Strategi Bernyanyi Pada Siswa SD Plus Muhammadiyah Subulussalam Kota Subulussalam Mawardi; Sri Indayani
Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.817 KB) | DOI: 10.36418/japendi.v1i2.15

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membentuk siswa SD Plus Muhammadiyah Subulussalam Kota Subulussalam agar memiliki akhlak atau sifat seperti yang terdapat dalam makna yang terkandung dalam Asmaul Husna, bukan berarti memiliki sifat yang persis dengan sifat Allah. Akan tetapi dapat mencontoh, sebatas memiliki akhlak atau sifat yang memiliki kesamaan dengan bobot yang berbeda dengan sifat pengasih Allah, meski memiliki nama yang sama. Metode bernyanyi dapat  meningkatkan prestasi tersebut karena siswa kreatif dan merasa senang dalam belajar, serta ikut bertanggungjawab akan suksesnya pembelajaran. Bahwa penerapan startegi bernyanyi dalam pembelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran karena kegiatan berpuat kepada siswa (student oriented) dan bukan bersifat pada guru (teacher oriented). Hasil penelitian meninjukkan bahwa strategi bernyanyi  dalam pembelajaran dalam Asmaul Husna memiliki peningkatan hafalan siswa dibuktikan pada pra siklus 45% , pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%.

Page 1 of 48 | Total Record : 473


Filter by Year

2020 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 7 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 5 No. 6 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 12 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 11 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 10 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 05 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 04 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 03 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 02 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 01 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 9 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 8 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 7 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 4 No. 6 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 12 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 11 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 10 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 09 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 08 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 07 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 06 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 05 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 04 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 03 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 09 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 08 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) Vol. 2 No. 07 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 06 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 05 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 04 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 03 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 1 No. 04 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 1 No. 03 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) More Issue