Manfish Journal
Vol 2 No 2 (2021): MANFISH JOURNAL

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Pesisir di Kabupaten Kutai Kartanegara

Nurfadilah Nurfadilah (Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman, Samarinda)
Dewi Embong Bulan (Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman, Samarinda)
Muhammad Syahrir R (Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2021

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 tentu saja memberikan dampak tidak hanya secara nasional akan tetapiakan berdampak secara internasional. Secara tidak langsung dampak Covid-19 mempengaruhi hasilpendapatan nelayan khususnya yang ada di pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian inibertujuan untuk mengkaji tentang prediksi dampak COVID-19 terhadap kecenderungan (trend)perekonomian masyarakat pesisir sebelum pandemi COVID-19 dan saat masa pandemi COVID-19.Data kemudian dianalisa penilaian cepat (rapid assessment) yang di lakukan di wilayah pesisirKabupaten Kutai Kartanegara. Hasil menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 membrikan dampakterhadap pendapatan nelayan, akibat turunnya harga penjualan ikan. Jenis hasil tangkapan yang sangatmenurun yaitu harga jual lobster, keong macan, ikan tuna, tenggiri dan rajungan mengalamipenurunan hingga 30- 70%. Komoditi yang mengalami penurunan termasuk ke dalam komoditiekspor dan rumah makan.

Copyrights © 2021