Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2022): November 2022

PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY KOLABORASI SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS III SD

Sri Suryaningsih (Unknown)
Nurlailatun Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Melatih siswa berdiskusi bersama teman kelompok diharapakan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Kaleo melalui penerapan model Course Review Horay kolaborasi Snowball Drilling. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh jumlah skor guru yaitu 10 dengan kategori cukup baik dan aktivitas siswa yaitu 34 dengan kategori cukup aktif dan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 76,13 dengan ketuntasan klasikal 77,27%. Sedangkan hasil penelitian siklus II diperoleh jumlah skor aktivitas guru yaitu 13 dengan kategori baik dan aktivitas siswa yaitu 44 dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 79,77 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Penerapan model Course Review Horay kolaborasi Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN 1 Kaleo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...