Melatih siswa berdiskusi bersama teman kelompok diharapakan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 1 Kaleo melalui penerapan model Course Review Horay kolaborasi Snowball Drilling. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes hasil belajar pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh jumlah skor guru yaitu 10 dengan kategori cukup baik dan aktivitas siswa yaitu 34 dengan kategori cukup aktif dan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 76,13 dengan ketuntasan klasikal 77,27%. Sedangkan hasil penelitian siklus II diperoleh jumlah skor aktivitas guru yaitu 13 dengan kategori baik dan aktivitas siswa yaitu 44 dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 79,77 dengan ketuntasan klasikal 86,36%. Penerapan model Course Review Horay kolaborasi Snowball Drilling dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas III SDN 1 Kaleo.
Copyrights © 2022