Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus

Media Interactive Board Game Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Mengatasi Learning Loss Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Ni Kadek Ayu Nanda Wulandari (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Ni Nyoman Ganing (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Komang Ngurah Wiyasa (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Kurangnya bahan ajar menyebabkan tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik bergambar Pancasila sebagai nilai kehidupan. Penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioer dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitataif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli rancang bangun 90,00% kualifikasi sangat baik. Validasi ahli isi pembelajaran 94,04% kualifikasi sangat baik. Validasi ahli desain instruksional 90,00% kualifikasi sangat baik. Validasi ahli media pembelajaran 89,58% kualifikasi baik. Uji coba perorangan 88,20% kualifikasi baik. Hasil uji coba kelompok kecil 88,98% kualifikasi baik. Hasil uji coba lapangan 90,10% kualifikasi sangat baik. Gain score ternormalisasi menunjukkan hasil 0,66 dengan klasifikasi sedang dan hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn materi pancasila sebagai nilai kehidupan pada siswa kelas IV setelah diberikan pembelajaran menggunakan media komik bergambar. Disimpulkan bahwa media komik bergambar terbukti layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran PPKn kelas IV SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...