Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 2 No 1 (2023): Januari 2023

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI PASANG

Narda Tahir (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Usman Usman (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Buhaerah Buhaerah (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Jumrah Jumrah (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model Quantum pada hasil belajar matematika di SMP Negeri Pasang. Dengan menggunakan penelitian eksperimen dan desain one-group pretest-posttest design yang digunakan dalam metodologi penelitian kuantitatif penelitian ini. Dokumentasi observasi dan tes digunakan sebagai suatu metode dalam mengumpulkan data, analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial digunakan sebagai metode analisis data. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa hasil penelitian diperoleh bahwa dari jumlah sampel yaitu 31 di dapatkan nilai rata-rata pretest yaitu  44,58. Dua (2) orang peserta didik dalam kategori tuntas dengan presentase 6,45%. Pada data posttest menunjukkan bahwa skor rata-rata yang diproleh yaitu 76,39 dalam kategori tuntas sebanyak 30 peserta didik dengan presentase 96,77%. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan atau penggunaan model  Quantum Learning memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada peserta didik di kelas VII SMPN Pasang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...