Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 1 (2023): Januari 2023

PENINGKATAN PENGUASAAN MATERI KESEBANGUNAN MELALUI ALAT PERAGA

Rustiani S (Universitas Muhammadiyah Enrekang)
Suarti Djafar (Universitas Muhammadiyah Enrekang)
Hafsyah Hafsyah (Universitas Muhammadiyah Enrekang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan bahan ajar matematika khususnya materi kesebangunan pada siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Enrekang melalui alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 Siklus dan setiap Siklusnya dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan termasuk tes setiap akhir siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes penguasaan materi kesebangunan pada setiap akhir siklus, observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa diberikan pada akhir Siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Adapunhasil penelitian yaitu: a). Meningkatkan penguasaan materi kesebangunan oleh siswa, hal ini dapat dilihat dari meningkatkan skor rata-rata hasil tes yaitu pada tes Siklus I sebesar 65,64 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 7,239 meningkat menjadi 73,28 berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 8,379 pada Siklus II. b). Terjadi peningkatan keaktifan  dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian. c). Pembelajaran dengan menggunakan alat paraga dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan bermakna bagi siswa, hal ini sesuai dengan hasil refleksi berdasarkan tanggapan siswa. Dari hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan penguasaan materi kesebangunan pada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...