PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 11 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2022

ALAT PERAGA PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS ARDUINO MATERI GAYA APUNG

Feby Dwitri Putri (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia)
Hadi Nasbey (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia)
Widyaningrum Indrasari (Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Abstrak Makalah ini membahas tentang alat peraga pembelajaran fisika berbasis Arduino materi gaya apung. Langkah pengembangan yang dilakukan meliputi: 1) merancang perangkat keras 2) merancang perangkat lunak, dan 3) uji coba alat peraga. Alat peraga akan di validasi oleh ahli materi fisika dan ahli media pembelajaran fisika. Perancangan perangkat keras terdiri dari Laptop/PC, Arduino nano, Kabel USB Micro, Sensor Load Cell, Amplifier Load Cell, Power Supply, gelas ukur, fluida (zat cair), tiang static, silinder bermassa m, meja yang dapat diubah ketinggiannya. Perancangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman C++, dengan sistem operasi windows, Arduino IDE 1.8.12, USB Driver dan Microsoft Excel. Alat nantinya akan diuji dengan cara menggantungkan silinder bermassa m dan gelasukur yang sudah diisi zat cair yang sebelumnya sudah di rangkai dan terhubung dengan sensor load cell. Ketinggian dari gelas ukur akan diubah sehingga silinder bermassa m yang semula berada dipermukaan air sampai tercelup sempurna. Diharapkan hasil dari uji coba tersebut adalah 1) grafik yang menjelaskan bahwa berat gelas ukur bertambah seiring dengan berkurangnya berat dari silinder bermassa m, 2) grafik yang menunjukkan jumlah dari kedalaman silinder tercelup sama dengan gaya apung ditambah dengan berat silinder yang terdeteksi, dan 3) grafik gaya apung sama dengan berat silinder m tercelup. Kata-kata kunci: Alat Peraga, Gaya Apung, Arduino Abstract This paper discusses Arduino-based physics learning with buoyancy force. The development steps taken include: 1) designing hardware, 2) designing software, and 3) testing props. The props will be validated by physicists and physics learning media experts. The hardware design consists of a Laptop/PC, Arduino nano, Micro USB Cable, Load Cell Sensor, Load Cell Amplifier, Power Supply, measuring cup, fluid (liquid), static pole, cylinder of mass m, and a table that can be changed in height. The software design uses the C++ programming language, with windows operating system, Arduino IDE 1.8.12, USB Driver, and Microsoft Excel. The tool will be tested by hanging a cylinder of mass m and a measuring cup that has been filled with liquid that has previously been assembled and connected to the load cell sensor. The height of the measuring cup will be changed so that the cylinder of mass m, which was initially on the surface of the water, is completely submerged. It is hoped that the results of these experiments are 1) a graph that explains that the weight of the measuring cup increases as the weight of the cylinder of mass m decreases, 2) a graph that shows the sum of the depths of the submerged cylinder equal to the buoyant force plus the detected cylinder weight, and 3) the graph of the buoyant force equals the weight of the submerged cylinder m. Keywords: props, buoyancy force, Arduino

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...