Society : Jurnal Jurusan Tadris IPS
Vol. 13 No. 2 (2022): Desember 2022

MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI METODE RECIPROCAL TEACHING

Luluk Khusniah (Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, mata pelajaran sejarah sering dianggap remeh dan menjemukan, kurang diperhatikan karena dianggap kurang menarik. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa yang kurang optimal. Inilah yang perlu menjadi pemikiran guru di kelas. Dalam menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menimbulkan semangat belajar serta dapat meningkatkan hasil belajar, maka dibutuhkan suatu inovasi yang menarik, salah satu dengan menerapkan  metode pembelajaran yang bervariatif, diantaranya adalah dengan  model reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada saat sebelum menggunakan metode  pembelajaran reciprocal teaching hasil rata-rata nilai siswa 50% dan terjadi peningkatan menjadi  70% pada siklus I serta terjadi peningkatan 85% pada siklus II. Dengan demikian pelajaran sejarah materi “Peradaban Awal Dunia”  dengan metode reciprocal teaching di kelas X IPS1 MAN Kota Batu berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

society

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Society adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang terbit dua kali dalam setahun dengan ISSN (p) 2087-0493 pada bulan Juni dan Desember. UIN Mataram merupakan transformasi IAIN Mataram ...