Asaatidzah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TIK, PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Rizal Dalil (SMP Negeri 1 Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2021

Abstract

Media pengajaran berbasis TIK memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu peningkatan efektivitas pembelajaran. Akan tetapi, pada kenyataannya masih ada siswa yang kurang berprestasi walaupun para guru sudah menggunakan model pembelajaran berbasis TIK. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara model pembelajaran PAI berbasis TIK terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam materi “Hukum Mad dan Waqaf” pada Kelas VII SMPN 1 Kota Bogor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksperimental. Oleh karena itu, eksperimen yang penulis lakukan yaitu berupa proses pembelajaran pada kelas VII-G (kelas eksperimen, dengan menggunakan model pembelajaran PAI berbasis TIK) dan pada kelas VII-A (kelas kontrol, dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Untuk memperoleh data yang obyektif maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: Eksperimen dan Tes, Dokumentasi, Wawancara serta Angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima; berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara Model Pembelajaran PAI Berbasis TIK terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Demikian pula prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.ICT-based teaching media has a huge potential in helping the students increase the effectiveness of learning. However, in reality, there are still students who are underachieving, although the teachers were using ICT-based learning model. The focus of the problem in this research is whether there is an influence between ICT-based learning model of Islamic Study to the motivation and learning achievement of students in the material "Hukum Mad dan Waqaf" at VII Grade in SMPN 1 Bogor. The method used in this research is descriptive and experimental methods. Therefore, the experiments which were done by the author is a learning process in class VII-G (experiment class, using ICT-based learning model of Islamic study) and in class VII-A (control class, using the conventional learning model of Islamic study). To get objective datas, the authors used some data collection techniques as follows: Experiments and tests, documentation, interview and questionnaires. The results of this research indicate that the alternative hypothesis (Ha) accepted; it means that there is a significant positive effect, between ICT-based learning model in Islamic study on students’s learning motivation and students’s learning achievement. Similarly, learning achievement of experiments class is higher than control class.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...