cover
Contact Name
Edi Suwanto
Contact Email
ibnatyhaninah@gmail.com
Phone
+6287874526627
Journal Mail Official
asaatidzah.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Cinunuk Km 15, Cimekar Kec. Cileunyi, Kab. Bandung Jawa Barat 40623
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Asaatidzah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
ISSN : 28090209     EISSN : 28090535     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama Islam.
Articles 60 Documents
ANALISA MATERI-MATERI PAI KELAS VIII BIDANG TAJWID YANG KURANG TEPAT Sandi Priatna
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.016 KB)

Abstract

Materi ajar merupakan hal pokok dalam pembelajaran. Jika Materi kurang tepat maka bisa berimbas pada pemahaman yang salah. Meteri PAI terkhusus di bidang tajwid kelas 8 ada beberapa hal yang harus dilurkan dan dikroscek ulang dalam pemapaarannya. Hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana materi tajwid kelas 8 mana yang paling valid sesuai dengan rujukan di beberapa kitab tajwid yang versi lama atau baru. Penelitian ini mengunakan metode komparatif dan dengan data kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa pemaparan materi tajwid di kelas 8 ada beberapa hal yang harus diluruskan biar tidak ada kontradiktif materi satu dengan materi yang lainnya. Maka perlunya materi PAI terutama tajwid yang sifatnya pasti sesuai dengan sanad secara riwayah maupun dirayah. Alahkan baiknya ditentukan oleh pihak yang berwenang mengecek ulang materi yang akan disebarkan melalui buku ajar PAI. Teaching material is the most important thing in the teaching-learning activity. Lack of teaching material occurs misleading understanding. In the case of the PAI subject in particular Tajwid for grade 8, several points should be fixed and reviewed in its explanation. This issue inspires the researcher to find out the validity of tajwid teaching materials for grade 8 along with the new or old versions of tajwid reference books. This research used a comparative method along with qualitative data. The result of this study shows several things must be fixed so that there is no contradiction between one material and another. Thus, PAI material especially tajwid is definitely in accordance with the sanad in riwayah and dirayah. Even better, it is determined by the competent authority to re-check the material that will be taught through PAI textbooks.
IMPLEMENTASI KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK DAN KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN KARAKTER
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.432 KB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat sekolah tidak dapat melangsungkan kegiatan pembelajaran secara normal. Peserta didik diminta untuk belajar jarak jauh. Dalam rangka mengantisipasi keadaan ini SMPN 12 Bandung membuat sebuah program pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis kewirausahaan di mana PAI termasuk di dalamnya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi peran serta di mana peneliti ikut bergabung dalam melakukan aktivitas PJJ PAI bersama dengan guru PAI lain dan guru-guru dari mata pelajaran lainnya di SMPN 12 Bandung, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program PJJ PAI berbasis kewirausahaan telah berhasil dalam menanamkan dan meningkatkan karakter peserta didik, di antaranya: inovatif, kreatif, motivasi yang kuat dalam bekerja, pantang menyerah, kerja keras, dan siap menerima risiko atas keputusan yang diambil.The covid-19 pandemic has made schools unable to carry out normal learning activities. Learners are asked to learn distance. In order to anticipate this situation, SMPN 12 Bandung made a distance learning program (PJJ) based on entrepreneurship in which PAI is included. The researcher used a qualitative approach with three data collection techniques, namely participatory observation in which the researcher joined in carrying out PJJ PAI activities together with other PAI teachers and teachers from other subjects at SMPN 12 Bandung, interviews, and documentation study. The results show that the entrepreneurship-based PJJ PAI program has succeeded in instilling and enhancing the character of students, including: innovative, creative, strong motivation to work, never give up, work hard, and are ready to accept risks for decisions taken.
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STAD DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA Teni Maryani
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI materi Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran para Rasul Allah dengan menggunakan pembelajaran tipe STAD dan pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara siswa yang menggunakan tipe STAD dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dan pengaruh penerapan tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x3. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran yang menitik beratkan kerjasama antar siswa dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil sedangkan pembelajaran konvensional yaitu proses pembelajaran yang lebih banyak didominasi gurunya sebagai pentransfer ilmu, 2) hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran tipe STAD lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, dan 4) terdapat pengaruh penerapan tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam bidang studi PAI.This study aims to determine the implementation of learning material PAI Exemplifying the Glory and Honesty of the Apostles of God by using STAD type learning and conventional learning, differences in cognitive learning outcomes of students between students using the STAD type and students using conventional learning, differences in cognitive learning outcomes of students who have visual, auditory and kinesthetic learning styles and the effect of the application of the STAD type and learning styles on students' cognitive learning outcomes. The type of research used in this study is quasy experimental research with 2x3 factorial. The results of the study show: 1) learning that focuses on collaboration between students using small groups while conventional learning, namely the learning process which is dominated by the teacher as a transfer of knowledge, 2) cognitive learning outcomes of students using STAD type learning is higher than students those who use conventional learning, 3) there are no significant differences in the cognitive learning outcomes of students who have visual, auditory and kinesthetic learning styles, and 4) there is an influence of the application of the STAD type and learning styles towards students' cognitive learning outcomes in the PAI study field.
STRATEGI GURU PAI DALAM MENERAPKAN BUDAYA RELIGIUS Rindu Ariyani
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.428 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan budaya religius pada siswa SMA Al-Muslim Tambun Bekasi. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode berpikir induktif, yaitu analisis berdasarkan data yang diperoleh, kemudian dikembangkan menjadi hipotesis dan akhirnya menjadi teori. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan budaya religius cukup bervariatif yang disesuaikan dengan jenjang kelas, karakteristik siswa dan visi misi sekolah. Beberapa strategi yang digunakan diantaranya melalui penerapan shalat berjamaah, dzikir bersama, berbusana muslim, dan tahfidz. (2) Implementasi budaya religius pada siswa-siswi SMA Al Muslim dibuat secara sistematis, mulai dari perencanaan, pelaksanaan/implementasi dan evaluasi. (3) Faktor pendukung penerapan budaya religius di SMA Al Muslim yaitu adanya dukungan dari seluruh stakeholder yang terkait. Seluruh komponen sekolah terlibat saling bersinergi dalam mengimplementasikan program-program tersebut. (4) Kendala yang dihadapi adalah kurang mampunya siswa dalam me-manage waktu. Upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu pendidikan agama Islam melalui pemberian arahan, bimbingan, dan pendekatan kepada para siswa agar dapat mengatur waktu dengan baik, serta memberi teladan bagi siswa dalam me-manage waktu.The purpose of the study was to describe and know the strategies used by Islamic Religious Education teachers in applying religious culture to SMA Al-Muslim Tambun Bekasi students. The type of research that researchers use is a type of field research. The sources of the research data are the principal, deputy principal, Islamic Education teacher, and student. Data collection techniques use interviews, observations and documentation. Data analysis using inductive thinking methods is analysis based on data obtained, then developed into hypotheses and eventually into theories. The findings of this study are: (1) the strategies used by Islamic Education teachers in applying religious culture are quite varied that are tailored to the level of the class, the characteristics of students and the vision of the school's mission. Some of the strategies used include through the application of congregational prayers, dhikr together, Muslim dress, and tahfidz. (2) The implementation of religious culture in SMA Al Muslim students is made systematically, starting from planning, implementation/implementation and evaluation. (3) The supporting factor for the application of religious culture at SMA Al Muslim is the support from all relevant stakeholders. All school components are involved in synergizing with each other in implementing these programs. (4) The obstacle faced is the inability of students to manage time. Efforts made by Islamic Education teachers are Islamic education through providing direction, guidance, and approaches to students so that they can manage time well, and set an example for students in managing time.
MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TIK, PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA Rizal Dalil
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.259 KB)

Abstract

Media pengajaran berbasis TIK memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu peningkatan efektivitas pembelajaran. Akan tetapi, pada kenyataannya masih ada siswa yang kurang berprestasi walaupun para guru sudah menggunakan model pembelajaran berbasis TIK. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara model pembelajaran PAI berbasis TIK terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa dalam materi “Hukum Mad dan Waqaf” pada Kelas VII SMPN 1 Kota Bogor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksperimental. Oleh karena itu, eksperimen yang penulis lakukan yaitu berupa proses pembelajaran pada kelas VII-G (kelas eksperimen, dengan menggunakan model pembelajaran PAI berbasis TIK) dan pada kelas VII-A (kelas kontrol, dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Untuk memperoleh data yang obyektif maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: Eksperimen dan Tes, Dokumentasi, Wawancara serta Angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima; berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara Model Pembelajaran PAI Berbasis TIK terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Demikian pula prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.ICT-based teaching media has a huge potential in helping the students increase the effectiveness of learning. However, in reality, there are still students who are underachieving, although the teachers were using ICT-based learning model. The focus of the problem in this research is whether there is an influence between ICT-based learning model of Islamic Study to the motivation and learning achievement of students in the material "Hukum Mad dan Waqaf" at VII Grade in SMPN 1 Bogor. The method used in this research is descriptive and experimental methods. Therefore, the experiments which were done by the author is a learning process in class VII-G (experiment class, using ICT-based learning model of Islamic study) and in class VII-A (control class, using the conventional learning model of Islamic study). To get objective datas, the authors used some data collection techniques as follows: Experiments and tests, documentation, interview and questionnaires. The results of this research indicate that the alternative hypothesis (Ha) accepted; it means that there is a significant positive effect, between ICT-based learning model in Islamic study on students’s learning motivation and students’s learning achievement. Similarly, learning achievement of experiments class is higher than control class.
MENGEMBALIKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA JUZ ’AMMA PADA MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS Isep Suprapto
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.6 KB)

Abstract

Guru yang mengajar di sekolah umum, tidak sekedar mendidik dan memberikan materi akademik saja di sekolah, namun lebih dari itu diharapkan juga dapat menanamkan nilai-nilai positif pada siswa, karena guru merupakan role model bagi para siswanya, apalagi disaat pandemi Covid 19 saat pemberlakuan PTMT dimana siswa tampaknya belum siap dan semangat belajar tatap muka, diperlukan kreativitas guru untuk mengembalikan mental sekarang ini guna membangun dan mengokohkan karakter para siswa kembali.Pada masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) seperti saat ini, pengembangan keagamaan harus tetap berjalan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi yang masih ada saat ini. Dan untuk mengawalinya lagi bisa dimulai dengan sederhana namun tetap mementingkan guna menunjang pembentukan karakter siswa yakni melalui pembiasaan membaca Al Qur’an juz 30 di awal KBM.Dan salah satu hal mudah dan sederhana (karena biasa dilakukan sebelum pandemi) ialah dengan mengadakan kembali program pembiasaan membaca Al Quran juz 30 / juz amma diawal KBM, melihat teori-teori dan dalil Al Quran diatas tentang fungsi Al Quran sebagai obat jiwa dan mental umat Islam sudah tidak diragukan lagi. Menguatkan kembali mental dan semangat belajar siswa adalah langkah pertama saat PTMT ini.Teachers, especially PAI teachers who teach in public schools, do not just educate and provide academic material at schools, but more than that, they are also expected to instill positive values in students, because teachers are role models for their students, especially during the Covid-19 pandemic. 19 when the implementation of PTMT where students seem not ready and eager to learn face-to-face, teacher creativity is needed to restore the current mentality in order to build and strengthen the character of the students again.During the Limited Face-to-face Learning (PTMT) period as it is today, religious development must continue to be adapted to the current pandemic situation and conditions. And to start again, it can be started simply but still concerned with supporting the formation of student character, namely through the habit of reading the Qur'an juz 30 at the beginning of KBM.During this pandemic "perhaps" almost everyone, including students, felt anxious, restless and restless which could lead to stress. People who are stressed are usually accompanied by the characteristics of an increased heart rate, muscle tension, and increased blood pressure as well as other serious health problems such as mental problems, disrupting the menstrual cycle, and others. And one of the easy and simple things (because it is usually done before the pandemic) is to hold a habituation program to read Al Quran juz 30 / juz amma at the beginning of KBM, look at the theories and arguments of the Koran above about the function of the Koran as a medicine for the soul and mentality of Muslims no doubt. Strengthening students' mental and learning enthusiasm is the first step during this PTMT.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA Eep Saepul Hayat
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Inovasi dalam dunia pendidikan mengharuskan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berkualitas. Hal ini juga bertujuan untuk mengarahkan sesuai dengan kebutuhan bergulir dan ketukan kali. Kemajuan teknologi telah menjadi salah satu pemicu utama yaitu inovasi yang digunakan dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah menggunakan alat teknologi seperti gadget. Seorang pendidik menggunakan berbagai teknologi dalam proses kegiatan belajar yang efektif dan efisien untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan gadget sebagai media pembelajaran dalam mengajar yang berguna untuk meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pemanfaatan gadget dalam belajar di sekolah berperan penting sebagai sumber pembelajaran dan mendukung proses pembelajaran agar nyaman, sehingga terciptanya proses pembelajaran proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa bagi siswa Kelas VIII SMPN 3 Pasawahan.Innovation in the world of education requires learning to be more meaningful and quality. It also aims to direct according to rolling needs and tap times. Technological advancement has become one of the main triggers, namely innovation used in the world of education, one of which is using technological tools such as gadgets. An educator uses a variety of technologies in the process of effective and efficient learning activities to improve students' learning outcomes. This research aims to examine the use of gadgets as a learning medium in teaching that is useful to increase the effectiveness of teaching and learning in the classroom. The use of gadgets in learning in school plays an important role as a source of learning and supports the learning process to be comfortable, so that the creation of the learning process of the learning process to improve student learning achievement for students of Class VIII SMPN 3 Pasawahan
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD GROUP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.705 KB)

Abstract

Ketika mengajar materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VIII SMPN 19 Kota Tasikmalaya, penulis merasa sudah cukup maksimal dalam mengajar, tetapi aktivitas belajar beberapa orang peserta didik masih rendah. Realita tersebut berdampak pada hasil belajar mereka yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Salah satu solusi atas permasalahan yang dihadapi, yaitu penerapan model pembelajaran card group.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perencanaan penerapan model pembelajaran card group, 2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran card group, 3) prestasi belajar peserta didik Kelas VIII A SMPN 19 Kota Tasikmalaya pada materi sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah dengan menggunakan model pembelajaran card group.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perencanaan penerapan model pembelajaran card group termasuk kategori baik sekali, 2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran card group termasuk kategori baik sekali, 3) prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran card group mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran card group dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.When teaching Islamic Religious Education and Morals in Class VIII SMPN 19 Tasikmalaya City, the writer feels that he has been maximal in teaching, but the learning activities of some students are still low. This reality has an impact on the learning outcomes of those who have not reached the Minimum Completeness Criteria. One solution to the problems faced is the application of the card group learning model.The purpose of this research was to determine: 1) planning the application of the card group learning model, 2) implementing the application of the card group learning model, 3) the learning achievements of Class VIII A students at SMPN 19 Tasikmalaya City on the material of sujud syukur, sujud sahwi, and sujud tilawah with using the card group learning model.This research was conducted using a Classroom Action Research (CAR) design, which consisted of two cycles. The results showed: 1) planning the implementation of the card group learning model was in the very good category, 2) the implementation of the card group learning model was in the very good category, 3) the learning achievement of students using the card group learning model had a significant increase. Thus, it is concluded that the application of the card group learning model can improve student learning achievement.
PENGARUH PENERAPAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Tanti Puji Astuti
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh, prestasi belajar pendidikan agama islam, dan pengaruh penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Informatika Fithrah Insani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui pengaruh tersebut diperoleh dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Informatika Fithrah Insani yaitu sebanyak 23 siswa atau 54% berada dalam interval skor 86 – 84 adalah cukup. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Informatika Fithrah Insani yaitu sebanyak 31 siswa atau 57% berada pada interval skor 61-80 adalah baik. (3) Pengaruh penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh di SMK Informatika Fithrah Insani adalah sedang, diperoleh dari hasil dari uji determinasi dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,409. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (3,230) > ttabel (1,675). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara penerapan video sebagai media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam di SMK Informatika Fithrah Insani.This research aims to find out the application of video as a medium of distance learning, achievement of learning Islamic education, and the influence of the application of video as a medium of distance learning on the learning achievement of Islamic Education in SMK Informatika Fithrah Insani. The methods used in this research are quantitative research methods with the aim of testing pre-established hypotheses. To find out the influence obtained with data collection tools in the form of observations, interviews, questionnaires, tests, and documentation. Based on the results of the study obtained: (1) The application of video as a medium of distance learning in SMK Informatika Fithrah Insani which is as many as 23 students or 54% are in the score interval of 86 - 84 is enough. (2) The achievement of learning Islamic education in SMK Informatika Fithrah Insani which is as many as 31 students or 57% is at the interval of scores of 61-80 is good. (3) The effect of the application of video as a medium of distance learning in SMK Informatika Fithrah Insani is moderate, obtained from the results of the determination test with a coefficient of determination (R Square) of 0.409. The results of the hypothesis test were obtained thitung (3,230) > ttabel (1,675). So H0 was rejected and Ha was accepted, which means that there is an influence between the application of video as a medium of distance learning on the achievement of learning Islamic religious education in SMK Informatika Fithrah Insani.
TANGGAPAN SISWA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF Tirani Rahmayadi
Asaatidzah Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juni 2021
Publisher : MGMP PAI Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.111 KB)

Abstract

Studi pendahuluan dan pengamatan yang dilakukan di kelas X SMA Pasundan Banjaran menunjukan bahwa tanggapan siswa terhadap metode-metode yang digunakan selama pembelajaran daring tergolong cukup beragam dalam proses penerimaannya, baik itu penerimaan dalam kategori positif maupun negatif. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring PAI di SMA Pasundan Banjaran, 2) untuk mengetahui hasil belajar kognitif PAI siswa di SMA Pasundan Banjaran, 3) untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring PAI dengan hasil belajar kognitif. Metode penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan analisis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, angket, dan juga tes. Realitas tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran daring di kelas X SMA Pasundan Banjaran termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata akhir 4,14 berada pada daerah interval 3,6 – 4,5. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI termasuk ke dalam kategori cukup dengan skor akhir rata-rata 75,1 karena berada dalam interval 70 – 79. Kedua variabel tersebut memiliki hubungan positif yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,93 berkisar antara 0,91-1,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran daring PAI di kelas X SMA Pasundan Banjaran berhubungan sangat tinggi terhadap hasil belajar kognitif.Preliminary studies and observations conducted in class X SMA Pasundan Banjaran showed that students' responses to the methods used during online learning were quite diverse in the acceptance process, both positive and negative acceptance. The objectives of this research are; 1) to find out students' responses to the PAI online learning method at SMA Pasundan Banjaran, 2) to find out the cognitive learning outcomes of PAI students at SMA Pasundan Banjaran, 3) to find out the relationship between student responses to PAI online learning methods and cognitive learning outcomes.This research method is carried out using a descriptive quantitative approach using correlation analysis. Data collection techniques used in this study were in the form of observation, interviews, questionnaires, and also tests. The reality of student responses to online learning methods in class X SMA Pasundan Banjaran is in the high category with a final average score of 4.14 in the interval area of 3.6 – 4.5. Meanwhile, students' cognitive learning outcomes in PAI subjects are included in the sufficient category with an average final score of 75.1 because they are in the 70-79 interval. Both variables have a significant positive relationship with a correlation coefficient of 0.93 ranging from 0, 91-1.00, so it can be concluded that the PAI online learning method in class X SMA Pasundan Banjaran has a very high correlation with cognitive learning outcomes.