Asaatidzah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Dini Husnah Nurdini (SMPN 1 Paseh Kabupaten Bandung Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan siswa.Tujuan dalam penelitian agar guru dapat melakasanakan kegiatan pembelajaran di kelas tanpa membeda-bedakan karakteristik, potensi dan gaya belajar siswa, sehingga siswa secara bersama-sama mampu mencapai tujuan yang diharapkan.Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran, dan metode kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menganalisis hasil post tes.Berdasarkan hasil pemetaan diperoleh data siswa kelas IX dengan gaya belajar; Kinesetik ( gerak), Audio (dengar), Visual (lihat), Audio Visual (dengar dan lihat), serta data tentang hobi dan kebiasaan siswa masing-masing. Hasil belajar meningkat menjadi 90,1%, dengan kriteria sangat baik/ sangat memadai, terjadi kenaikan hasil belajar sebanyak 35%.Pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI dan BP menuntut keterampilan guru dalam “meramu” menu yang sesuai untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sesuai karakteristik dan ciri khas mata pelajaran serta kebutuhan belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting diterapkan pada semua mata pelajaran dengan keberagaman gaya serta kebutuhan belajarnya agar tujauan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal, tampa membeda-bedakan potensi dan bakat siswa.Differentiated learning is an attempt to adapt the learning process in the classroom to meet each student's individual learning needs. Differentiated learning is a series of common sense decisions made by teachers that are oriented to the needs of students.The goal in research so that teachers can conduct learning activities in the classroom without discriminizing the characteristics, potential and learning style of students, so that students are jointly able to achieve the expected goals.This research is carried out by qualitative and quantitative methods. Qualitative methods to find out the improvement of the quality of learning, and quantitative methods to find out the improvement of learning outcomes by analyzing post-test results.Based on the results of mapping obtained data of class IX students with learning style; Kinesetic (motion), Audio (listen), Visual (see), Audio Visual (listen and view), as well as data about each student's hobbies and habits. Learning outcomes increased to 90.1%, with very good criteria / very adequate, there was a 35% increase in learning outcomes.Differentiated learning in PAI and BP subjects demands the teacher's skills in "concocting" the appropriate menu to be applied in learning activities according to the characteristics and characteristics of the subjects and the learning needs of students. Differentiated learning is very important applied to all subjects with a diversity of styles and learning needs so that learning needs can be achieved to the maximum, tampa distinguishes the potential and talents of students.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...