Asaatidzah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021

KONSEP REWARD DAN PUNISHMENT YANG MENDORONG MOTIVASI BELAJAR DAN PERBAIKAN KARAKTER MENURUT IMAM GHAZALI




Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Penghargaan atau ganjaran adalah salah satu alat pendidikan. Maka ganjaran itu adalah sebagai alat untuk mendidik anak-anak supaya anak dapat merasa senang karena perbuatan atau pekerjaannya mendapat penghargaan.Pemberian penghargaan dan sanksi ini sering disebut dalam dengan istilah “at-Targhib wa at- Tarhib”. Dan keduanya merupakan Alat Pendidikan.Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui Konsep Reward dan Punishment yang Mendorong Motivasi Belajar dan Perbaikan Karakter Menurut Imam Ghazali.Menganalisa jenis reward dan punishment yang diberikan kepada siswa dalam proses pembelajaran menurut Imam Ghazali, menganalisa bagaimana cara guru mengaplikasikannya , menemukan Konsep Reward dan Punishment apakah yang dapat mendorong motivasi belajar dan perbaikan karakter.Berdasarkan tujuan penelitian di atas, maka penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif (deskriptive research)Kesimpulan dari beberapa teori dan pengaplikasiannya bahwa Jenis Reward menurut Al-Ghazali adalah raja’, harapan, targhib, ganjaran, hadiah; upah, pahala; penghargaan yang baik terhadap perilaku baik. Punishment atau sanksi yang dapat mendorong motivasi belajar yaitu punishment tarhib edukatif. Sehingga Reward dan punishment dapat mendorong perbaikan karakter apabila anak sudah tahu dan memahami tujuan yang akan dicapainya, maka ia akan merasa terbiasa dan mudah untuk melakukan hal tersebut. Rewards or rewards are one of the educational tools. So the reward is as a tool to educate children so that children can feel happy because their actions or work are rewarded. This award and sanction is often referred to in the term "at-Targhib wa at-Tarhib". And both are Educational Tools. This study aims to determine the concept of reward and punishment that encourages learning motivation and character improvement according to Imam Ghazali: Analyzing the types of rewards and punishments given to students in the learning process according to Imam Ghazali, analyzing how teachers apply it, finding the concept What are the rewards and punishments that can encourage learning motivation and character improvement . Based on the research objectives above, this research uses the documentation method. And the approach used in this research is a descriptive study (descriptive research). The conclusion from several theories and their applications is that the types of rewards according to Al-Ghazali are king', hope, targhib, reward, reward; wages, rewards; good rewards for good behavior. Punishment or sanctions that can encourage motivation to learn is educative tarhib punishment. So that rewards and punishments can encourage character improvement if the child already knows and understands the goals to be achieved, then he will feel accustomed and easy to do so.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...