Asaatidzah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI HAFALAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK

Nenden Mariam (SMP Negeri 13 Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bandung, tepatnya di SMP Negeri 13 Bandung. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Tahap penelitian berupa siklus yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik - teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi; pengukuran tes hasil belajar;dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik berpengaruh baik., khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hasil belajar peserta didik yang tercapai dan diperoleh dari evaluasi praktek hafalan pada akhir pembelajaran mengalami peningkatan,untuk siklus I 23 orang (71,87 %) yang telah mencapai ketuntasan belajar dan masih terdapat 10 orang (28,13 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan daya serap peserta didik mencapai 71,85 %. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 32 orang (80,62 %) yang mencapai ketuntasan dalam belajar dengan daya serap peserta didik mencapai 81,75 %.Pengamatan tentang aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, 23 orang (71.42%) yang aktif dan 10 orang (28,57 %) yang cukup aktif. Pada siklus kedua peserta didik yang aktif meningkat menjadi 32 orang (80,62%). Pengamatan tentang kegiatan belajar mengajar pada siklus I, 10 aspek (71.42%) yang memperoleh kriteria baik dan 4 aspek (28.57 %) yang memperoleh kriteria cukup. Pada siklus kedua meningkat menjadi 12 aspek (85.71 %).Melalui model pembelajaran Talking Stick dan penggunaan media lainnya (tongkat) peserta didik dapat mengoptimalkan kemampuan belajar dalam suasana yang mengasah daya nalar serta penuh kebersamaan yang pada gilirannya membantu peserta didik mencapai ketuntasan belajar pada materi hafalan (Q.S. Az-Zumar: 53, Q.S. An-Najm: 39-42 dan Q.S. Ali Imran: 159).Selain itu pembelajaranpun menjadi lebih bermakna. This research was conducted in the city of bandung, precisely at smp negeri 13 bandung. This research is a car (classroom action research). The research stage is in the form of a cycle which includes: planning, implementation, observation, and reflection. The data collection techniques used are: observation; measurement of learning outcomes test; and documentation. Based on the results of the research that has been carried out, it is concluded that the use of the talking stick learning model on learning activities and student learning outcomes has a good effect, especially on the subjects of islamic religious education and budi pekerti. Student learning outcomes achieved and obtained from the evaluation of rote practice at the end of learning have increased, for the first cycle 23 people (71.87%) have achieved learning mastery and there are still 10 people (28.13%) who have not achieved learning mastery with the absorption of students reaching 71.85%. In the second cycle there was an increase to 32 people (80.62%) who achieved completeness in learning with the absorption of students reaching 81.75%. Observations about the activities of students in the implementation of learning in the first cycle, 23 people (71.42%) were active and 10 people (28.57%) who are quite active. In the second cycle, active students increased to 32 people (80.62%). In observations on teaching and learning activities in the first cycle, 10 aspects (71.42%) obtained good criteria, and 4 aspects (28.57%) obtained sufficient criteria. In the second cycle increased to 12 aspects (85.71%). Through the talking stick learning model and the use of other media (sticks) students can optimize learn in an atmosphere that sharpens reasoning power and is full of togetherness which in turn helps students achieve complete learning on rote material (Q.S. Az-Zumar: 53, Q.S. An-Najm: 39-42 dan Q.S. Ali Imran: 159). In addition, learning becomes more meaningful.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...