Asaatidzah Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Desember 2021

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Tri Eryani (SMPN 4 Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2021

Abstract

Motivasi belajar harus dimiliki setiap siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, guru perlu mengusahkan agar pembelajaran menjadi menarik dan disertai motivasi demi tercapainya tujuan pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IX-A SMPN 4 Banjar dan SMPN 2 Banjar dengan penerapan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) dan Peta Konsep, serta hubungan antara tingkat motivasi dengan hasil belajar siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes, angket dan observasi. Pengolahan dan analisa data menggunakan program SPSS Versi 17.0 dengan teknik analisa data menggunakan uji-t beda dua rata-rata Paired Samples Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar pada kelompok eksperimen dengan penerapan metode pembelajaran TGT dan Peta Konsep. Namun pada kelompok kontrol, tidak terdapat perbedaan motivasi belajar dengan menggunakan metode ceramah. Selain itu, diketahui bahwa tingkat motivasi siswa mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.pula yang dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata gain skor yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol.Learning motivation must be owned by every student in order to achieve learning objectives. Thus, teachers need to make learning interesting and accompanied by motivation to achieve learning objectives.This research is an experimental study, with the aim of knowing students' learning motivation in Islamic Religious Education subjects in class IX-A of SMPN 4 Banjar and SMPN 2 Banjar with the application of a Cooperative Learning learning approach of Teams Games Tournaments and Concept Maps, as well as the relationship between motivation levels with student learning outcomes.The instruments used are tests, questionnaires and observations. Processing and analyzing data using the SPSS Version 17.0 program with data analysis techniques using the t-test two different averages of the Paired Samples Test.The results showed that there was an increase in learning motivation in the experimental group by applying the TGT learning method and Concept Map. However, in the control group, there was no difference in motivation using the lecture method.In addition, it is known that the level of student motivation has a significant relationship to student learning outcomes, as evidenced by the increase in the average score gain, which is higher in the experimental group than the control group.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

asaatidzah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Asaatidzah memuat artikel ilmiah di lingkungan Guru PAI SMP Se-Jawa Barat yang berfokus pada isu Pendidikan Agama ...