Jurnal Gici Jurnal Keuangan dan Bisnis
Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Keuangan dan Bisnis

Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabiitas, Akitifitas dan Profitabilitas terhadap Perubahan Laba: (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Krisna Sudjana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini, didirikannya perusahaan yang dijalankan adalah untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh pemilik maupun manajemen. Objek penelitian di sub sektor makanan dan minuman akan survive dan paling tahan terhadap krisis dibandingkan dengan sektor lainnya, sebab dalam kondisi krisis ataupun tidak, produk makanan dan minuman tetap dibutuhkan. Dalam keadaan krisis, konsumen akan membatasi konsumsinya dengan memenuhi kebutuhan dasar dan mengurangi kebutuhan barang sekunder. Maka hal ini tentunya akan menyebabkan banyak perusahaan ingin memasuki sektor ini, sehingga akan membuat persaingan semakin kuat. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan metode dokumentasi. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Adapun sampel tersebut berjumlah 12 perusahaan dengan total data sebanyak 37. Namun dalam uji SPSS dilakukan cara outliers (menghilangkan data yang dianggap sebagai perusak) sehingga total sampel akhir yang digunakan menjadi 11 perusahaan dengan total data sebanyak 32, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa 19% variabel perubahan laba dapat dijelaskan oleh variabel likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas sedangkan sisanya 81% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel-variabel likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas bersama-sama berpengaruh terhadap perubahan laba. Hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel likuiditas, solvabilitas dan aktivitas tidak berpengaruh terhadap perubahan laba perusahaan, sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap perubahan laba perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-gici

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL GICI adalah jurnal keuangan dan bisnis yang menyajikan berbagai hasil penelitian baik berbasis pendekatan kualitatif maupun kuantitatif dan diterbitkan secara periodik semesteran (dua kali dalam setahun) di bulan Juni dan Desember. Scope Bisnis Akuntansi, Keuangan, Manajemen, Bisnis dan lain ...