Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Malang menunjukkan kadar multikultural pada nilai-nilai pendidikan, hal tersebut tampak pada setiap aktivitas belajar dan keragaman latar belakang peserta didik. Maka dari itu tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola kompetensi pembelajaran multikultural guru dalam mengelola keragaman dari berbagai latar belakang yang ada di warga MIN 1 Kota Malang. Penelitian yang di lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Temuan dan hasil penelitian: 1) pengalaman multikultural guru meliputi; perception warning, problem solving, dan survice. 2) Pengetahuan guru terhadap latar belakang budaya peserta didik meliputi; pengetahuan nilai multikultural, pengetahuan budaya peserta didik. 3) keterampilan guru dalam pembelajaran berbasis multikultural meliputi; norma dan harapan transparan, kesadaran terhadap keragaman, interaktif produktif. Simpulan pada penelitian ini menunjukkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Kota Malang secara umum telah memiliki kompetensi multikultural dengan pola-pola yang yang menarik dan unik.
Copyrights © 2023