Kompetensi
Vol 15 No 2 (2022): Kompetensi

Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran di SMP Negeri 11 Balikpapan

Ganjar Susilo (Universitas Balikpapan)
Ryan Angga Pratama (Universitas Balikpapan)
Susi Handayani (Universitas Balikpapan)
Akhwal Irham (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Balikpapan. Metode untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan tes kerja tertulis dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran. Untuk mendapatkan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh subjek penelitian sebanyak 3 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Balikpapan termasuk dalam kategori rendah yang dilihat dari ketidakmampuan siswa dalam memahami soal dan menuliskan unsur apa saja yang ada pada soal tersebut. Selain itu, siswa kurang mampu merencanakan atau merancang strategi menggunakan rumus dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya, siswa kurang mampu memahami rumus luas dan keliling pada materi lingkaran. Siswa juga belum memahami perbedaan diameter dan jari-jari. Secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada materi lingkaran berada pada kualifikasi rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...