Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 2 No 1 (2023): Januari

INSTRUMEN TES SEBAGAI ALAT EVALUASI

Eka Mayasari (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Pada dasarnya, hasil belajar siswa memerlukan sebuah evaluasi sebagai bentuk alat atau metode yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa. Tes hasil belajar yang terdiri dari butir-butir soal dan perlu identifikasi. Dengan harapan akan menghasilakan berbagai informasi berharga, yang menjadi umpan balik guna melakukan perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali. Maka dari itu perlu adanya analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Dalam menganalisis soal yang diperlukan adalah kelompok atas dan kelompok bawah, sedangkan kelompok tengah dibiarkan. Penganalisisan terhadap butir-butir item tes hasil belajar dapat dilakukan dari tiga segi, yaitu: (1) dari segi derajat kesukaran itemnya, (2) dari segi daya pembeda itemnya, (3) dari segi fungsi distraktornya. Angka indeks kesukaran besarnya antara 0,00-1,00 artinya, angka indeks kesukaran itu paling rendah adalah 0,00 dan tinggi adalah 1,00 atau satu. Sebagaimana indeks kesukaran, indeks diskriminasi ini berkisar antara 0,00 sampai dengan 1,00. Dalam indeks diskriminasi tanda negatif digunakan jika suatu soal terbalik menunjukkan kualitas testee, yaitu anak pandai disebut bodoh dan anak bodoh disebut pandai. Distraktor dinyatakan telah dapat menjalankan fungsinya dengan baik apabila distraktor tersebut sekurang-kurangnya sudah dipilih oleh 5% dari seluruh peserta tes.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurpen

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Journal of Education and Teaching publishes research articles, case reports, and review articles covering the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs ...