JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dengan Pola Asuh Orang Tua di Jorong Aia Tabik Nagari Kamang Mudiak

Dini Hanifah (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Muhiddinur Kamal (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Afrinaldi Afrinaldi (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Linda Yarni (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya tingkat pendidikan yang telah diselesaikan oleh orang tua, dan beragamnya pola asuh yang digunakan atau diterapkan orang tua pada anak-anaknya. Latar belakang pendidikan tersebut nantinya akan berdampak pada pola asuh yang dipraktikkan orang tua pada anak. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bentuk hubungan antara tingkat pendidikan dengan pola asuh orang tua di Jorong Aia Tabik Nagari Kamang Mudiak. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak rentang usia 6-17 tahun sebanyak 122 Kepala Keluarga. Sampel yang digunakan sebanyak 58 Kepala Keluarga. Teknik sampling digunakan yaitu teknik Stratified Random Sampling. Tingkat pendidikan orang tua dan pola asuh orang tua adalah variabel yang diukur. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan metode analisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) yaitu Software SmartPLS 3.3.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara tingkat pendidikan dengan pola asuh orang tua di Jorong Aia Tabik Nagari Kamang Mudiak. Hasil hipotesisnya menyatakan bahwa Nilai T-statistik 38,369 atau lebih besar dari 1,96 dan nilai P 0,000 atau kurang dari 0,05 yang menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pola asuh anak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa orang tua dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi memiliki pengalaman dan wawasan yang lebih banyak daripada orang tua dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...