Business Management
Vol 2, No 1 (2023): Business Management Februari 2023

Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru (Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima) Tahun 2022

Nurfidah Nurfidah (STKIP Harapan Bima)
Armin Armin (Unknown)
Farid Farid (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dan modern, membuat Toko Karya Baru memasarkan dan menjual produknya melalui media sosial facebook dan WhatsApp. Pemilihan facebook dan WhatsApp sebagai sarana komunikasi pemasaran karena dengan tujuan memperkenalkan produk Karya Baru ke masyarakat luas tidak hanya lingkup di Woha saja. Dalam memasarkan produkmya melalui media sosial dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar volume penjualan menjadi meningkat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kondisi volume penjualan sebelum menggunakan media sosial facebook dan WhatsApp pada Toko Karya Baru 2) Untuk mengetahui strategi yang telah diterapkan oleh Toko Karya Baru 3) Untuk mengetahui volume penjualan setelah menggunakan media sosial facebook dan WhatsApp pada Toko Karya Baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data melalui data primer dan sekunder. Teknik analisis data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kondisi volume penjualan sebelum menggunakan media sosial facebook dan WhatsApp pada Toko Karya Baru memakai strategi tradisional, yaitu media cetak berupa sepanduk dan banner. Kondisi volume penjualan sebelum menggunakan media sosial berjumlah 3.427 unit produk yang terjual dengan pendapatan Rp. 47.350.000,00. 2) Strategi pemasaran menggunakan media sosial facebook dan WhatsApp pada Toko Karya Baru: a) Menawarkan Produk sesuai harga dan kualitas, b) Melakukan perencanaan pemasaran dengan melakukan konsultasi dan koordinasi antara karyawan dan pemilik toko, c) Pelaksanaan straategi pemasaran penjualan melalui facebook story di facebook, WhatsApp grup, dan status pada story WhatsApp. d) Karya Baru melakukan evaluasi secara berkala 2 minggu sekali. 3) Sesudah menggunakan media sosial facebook dan WhatsApp kondisi volume penjualan meningkat tetapi tidak signifikan setiap tahunnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Bisnis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Manajemen Bisnis diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. Artikel berupa tulisan yang diterbitkan versi cetak dan online secara berkala pada bulan Februari dan Agustus di bidang Ilmu Manajemen dan Bisnis. Penerbitan ini memuat tulisan bersifat ilmiah dalam bentuk ...