cover
Contact Name
Noni Antika
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
+6281328591216
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
Perum Elit Kota Mataram Asri Blok O No. 35. Jempong Baru, Sekarbela, Kota Mataram. NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Business Management
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Bisnis diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. Artikel berupa tulisan yang diterbitkan versi cetak dan online secara berkala pada bulan Februari dan Agustus di bidang Ilmu Manajemen dan Bisnis. Penerbitan ini memuat tulisan bersifat ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru, Bibliografi dan tulisan dari Akademisi maupun Praktisi.
Articles 36 Documents
Pemasaran Ayam Broiler di Kabupaten Lombok Utara terhadap nilai Tambah Ashari Ashari
Business Management Vol 1, No 1 (2022): Business Management Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.736 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i1.3075

Abstract

Broiler chickens are superior breeds of chicken produced by crosses from chicken nations that have high productivity, especially in chicken meat production. Until now broiler chickens have been known to the Indonesian people with various advantages. Broiler chicken farms have a relatively short maintenance time and harvest time which is considered fast among other meat-producing livestock commodities. This indicates that the availability of broiler chicken meat supply tends to be continuous. In addition, many consumers tend to prioritize the consumption of broiler meat to fulfill their animal protein needs, so that many business people are interested in pursuing broiler farming because of their rapid capital turnover. In value added analysis there are three supporting components, namely: 1) Conversion factor, showing the amount of output produced from one unit of input, 2) Factor coefficient of labor, indicating the amount of labor needed to process one input unit, and 3) Product value , shows the output value per input unit. The average output value of the sale of broiler chickens obtained by large cutter traders is Rp. 28,500 per head, for small cutter traders Rp. 33,650 per head while at retailers Rp. 33,650 per output value is obtained. from the multiplication of the output price variable (selling price) with the conversion factor. The price of output for large cutter traders is smaller because the sale of products to small cutter traders and retailers. The added value of broiler chicken marketing obtained by large cutter traders is Rp.7,909.23 per head (27.75%) and small cutter traders get Rp.10,195.45 (30.30%) per head, while retailers get value added Rp.3,940.52 (11.71%) per head. Overall, small cutter traders get greater profits than large cutter traders and retailers, this is because small cutter traders buy live chicken raw materials to large cutter traders and sell them in the form of carcasses and non carcasses to end consumers. The average marketing margin obtained by large cutter traders is Rp 10,000 per head, while for small cutter traders Rp 10,500 per head, and retailers Rp.5,150 per head.
ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPENSASI TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI ERA COVID-19 Ranggi Rahadian Wisnu Hutama
Business Management Vol 1, No 2 (2022): Business Management Agustus 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.954 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i2.3644

Abstract

Pada masa pendemi Covid-19 saat ini Yayasan Pendidikan memiliki masalah utama yang menyebabkan kinerja tenaga pendidik belum optimal dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 101 responden melalui penyebaran kuisioner via google-form. Variabel independent dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja, kompensasi, kepuasan kerja dan variabel dependent adalah kinerja. Pengukuran variabel menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisa data statistik deskriptif (rata-rata) dan analysis structural equation model (SEM). Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja merupakan intervening variable pada pengaruh lingkungan kerja dan kompensasi terhadap kinerja. Lingkungan kerja dan kompensasi memiliki pengaruh terhadap positif dan signifikan terhadap kinerja. Lingkungan kerja, kompensasi, kepuasan dan kinerja sama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan hasil analisis lingkungan kerja di yayasan pendidikan yang menerapkan hal ini dapat menjadi dasar dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, aman, damai dan selarang agar tujuan dari yayasan dapat tercapai dengan maksimal ketika lingkungan kerja sangat mendukung terbukti mampu mengikatkan kinerja dan kedua hal tersebut baik lingkungan kerja dan kinerja juga dapat atau mampu dilalui melalui kepuasan secara tidak langsung. Kinerja merupakan hasil  kerja secara kualitas dan kuantitas dicapai oleh seorang tenaga pendidik sesuai dengan tanggung jawab dan wewenang masing-masing dalam rangka mencapai tujuan dari suatu organisasi atau yayasan.
Renovasi Pasar Semparu Terahadap Persepsi Pedagang Khosiah Khosiah
Business Management Vol 1, No 1 (2022): Business Management Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.199 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i1.3076

Abstract

Pasar adalah tempat pembeli dan pedagang bertemu melalukan transaksi jual serta beli barang maupun jasa. Pasar Semparu termasuk pasar mingguan, pasar ini salah satu pasar yang mendapatkan renovasi pasar sehingga terkesan lebih luas dan tertata rapi dengan bangunan barunya, namun adanya renovasi pasar Semparu mempengaruhi keadaan pasar. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menjelaskan persepsi pedagang terhadap renovasi pasar Semparu Desa Semparu, Kecamatan Kopang, Lombok Tengah. 2) Untuk mengetahui dampak renovasi pasar terhadap para pedagang pasar desa Semparu Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik penentuan informan dengan cara purposive sampling dengan informan kunci dan informan biasa. Jenis data adalah data kualitatif dan bersumber dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa persepsi pedagang Semparu terhadap renovasi pasar Semparu desa Semparu Kecamatan Kopang Lombok Tengah yaitu kurangnya kepuasan pedagang terhadap renovasi pasar Semparu, yang tidak sesuai dengan harapkan para pedangan terutama disain bangunan pasar yang menghadap belakang beserta perubahan-perubahan yang ada di sekitar pasar Semparu. Dampak renovasi pasar Semparu terhadap pedagang pasar ada dua macam yakni dampak positif dan dampak negatif dari segi fisik yaitu kenyamanan pasar Semparu sedangkan non fisik ada  dayak tarik pasar  dan pendapatan pedanag dalam menempati renovasi pasar Semparu.
ANALISIS IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA BISNIS ISLAM DI SWALAYAN BERKAH BIMA TAHUN 2022 Jubaidah Jubaidah; Noni Antika Khairunnisah; Evi Rosdiyanti; Yusuf Yusuf
Business Management Vol 1, No 2 (2022): Business Management Agustus 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.645 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i2.4136

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana implementasi nilai-nilai etika bisnis islam di Swalayan Berkah Bima, sudahkan Swalayan Berkah Bima menerapkan etika bisnis yang didasarkan pada etika bisnis Islam mengingat Swalayan Berkah Bima adalah swalayan Islam yang didirikan karena kehendak dari jamaah dan jamiiyyah. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1).Bagaimana penerapan etika bisnis Islam di swalayan Swalayan Berkah Bima. 2).Apa saja kendala yang dihadapi Swalayan Berkah Bima dalam penerapan etika bisnis Islam .3). Bagaimana solusi yang dilakukan Swalayan Berkah Bima untuk mengatasi kendala penerapan etika bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskripti, dengan jenis penelitian studi kasus yang merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif, dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas terhadap satu atau lebih orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penerapan etika bisnis di Swalayan Berkah Bima sudah sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis islam, dimana ditunjukkan melalui setiap aktivitas di Swalayan Berkah Bima yang disesuaikan dengan ajaran agama islam. etika bisnis islam di Swalayan Berkah Bima menggunakan tauhid yaitu keseimbangan maupun tanggung jawab dalam hal ini Swalayan Berkah Bima tidak hanya mencari keuntungan semata, akan tetapi juga memberikan kontribusi berupa pemberdayaan masyarakat sekitar, hal lain yang dilakukan Swalayan Berkah Bima dalam mengimplementasikan etika bisnis islam adalah dengan melakukan tuntunan ihsan atau kebajikan dimana pihak Swalayan Berkah Bima selalu memahami bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh Swalayan Berkah Bima selalu di awasi oleh Allah SWT. Dalam hal ini penerapan ihsan yaitu dengan mempertanggung jawabkan produk-produk yang dijual yaitu aman dan halal. Kendala dalam penerapan etika bisnis islam Swalayan Berkah Bima belum bisa terlepas dari produk asing, lalu solusi dalam kendala dengan pemenuhan produk-produk yang diinginkan masyarakat dan selalu menjalankan setiap aktivitas dengan nilai-nilai etika bisnis islam.
Pola Karakteristik Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram Abdul Muttalib
Business Management Vol 1, No 1 (2022): Business Management Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.414 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i1.3077

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik UMKM di Kota Mataram berdasarkan kondisi internal dan eksternal UMKM kemudian menganalisis strategi pengembangan usaha yang sesuai dengan UMKM di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan analisis data primer dan sekunder.Data primer diperoleh dari survey sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber publikasi lembaga/institusi yang terkait dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif, SWOT dan AHP.Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik UMKM di Kota Mataram berdasarkan kondisi internal memiliki kekuatan pada kemauan yang kuat untuk maju dan kelemahan pada keterbatasan modal. Sedangkan kondisi eksternal memiliki peluang pada pangsa pasar yang cukup banyak dan ancaman pada persaingan dalam perdagangan bebas. Sedangkan untuk menentukan strategi pengembangan usaha yang sesuai dengan UMKM di Kota Mataram dimulai dengan analisis faktor strategis internal dan eksternal dan diperoleh total bobot skor rata-rata dari matiks IFE 2,088 maupun EFE 2,308. Kemudian menentukan posisi UMKM di Kota Mataram melalui matrik IE yang menunjukan bahwa UMKM di Kota Mataram memiliki kemampuan internal yang sedang dan eksternal yang sedang. Kemudian hasil analisis dikaji menggunakan  SWOT untuk menentukan beberapa alternative strategi pengembangan usaha. Setelah ditawarkan beberapa alternative strategi pengembangan usaha kemudian di analisis menggunakan AHP untuk menentukan  prioritas strategi pengembangan usaha UMKM di Kota Mataram. Dan  hasilnya menunjukan bahwa strategi yang sesuai dengan UMKM di Kota Mataram adalah pada peningkatan kualitas dan kreatifitas produk UMKM
Kinerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Bima Zulkarnain Gazali
Business Management Vol 1, No 1 (2022): Business Management Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.758 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i1.3078

Abstract

Quality health services can only be realized with the benefits of professional health services, as well as nursing care should be done with professional nursing practice. The function of motivation, communication, supervision, delegation and conflict management function can improve nurse's performance in applying nursing care. This research can be done by overcoming the nursing care in hospital wards RSUD Bima. This research use descriptive research design with cross sectional approach. The instrument used is questionnaire. The number of research samples was 86 nurses who were in 7 inpatient wards taken at random. The data analysis process used a chi-square test to determine the relationship with performance, and some lig- istical regression tests applied the most severe variables associated with nurse performance. The results showed that the variable of directive function (motivation pv = 0,005, communication pv = 0,019 supervision pv = 0,006 delegate pv = 0,026, conflict management pv = 0,004) relate to nurse performance with confounding variable (age, sex, marital status, occupation and Education) has no relationship with the performance of nurses. The majority of nurses apply a well-headed room head function. The most severe variable to the performance of the nursing service is the conflict management function
Tingkat Pendapatan Masyarakat Pesisir dalam Pemanfaatan Dana Ekonomi Produktif (DEP) Handri Jurya Parmi
Business Management Vol 1, No 1 (2022): Business Management Februari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.099 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i1.3080

Abstract

Research aims to study the effect of the use of productive economic funds (PEF) in the coastal community (fishermen, traders and processors) empowerment program on coastal communities’ income level in Mataram Township. Based on simple regression analysis, it was obtained the value of the correlation coefficient (r) of 0.475. That means there was a fairly strong relationship between the PEF-income coastal community (fishermen, traders and processors). In general, PEF affect on the level of coastal community income (fishermen, traders and processors) by 22.55%, while another 77.45% was influenced by other variables or factors. It can also be determined that the regression pattern between the PEF and a total income of fishermen, traders and processors was Y = 723,076.2 + 0.503 (x), meaning: each additional amount of IDR PEF of 1, will increase the amount of income of fishermen, traders and processors by IDR 0.503. PEF or any increase of 1% will increase the amount of income of fishermen, traders and processors by 0.503%. It can be concluded that the use of PEF in the Coastal Community Economic Empowerment Program has a significant influence on increasing income coastal community (fishermen, traders, and processors).
Pemasaran Kopi secara Digital dan Strategi Bisnis dalam Pandemi Covid-19 William Dhamawan
Business Management Vol 1, No 2 (2022): Business Management Agustus 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.936 KB) | DOI: 10.58258/bisnis.v1i2.3273

Abstract

Indonesia terletak di daerah geografis oleh sebab itu banyak kawasan dimanfaatkan sebagai lahan perkebunan kopi. Kopi di indonesia memberikan dampak perekonomian yang pesat, terbukti jumlah usaha kedai kopi di Kota Bandung semangkin membludak. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran kopi di tengah pandemi Covid-19. Yang dimana objek penelitian ini adalah sebuah coffee shop yang sedang berkembang dan dilanda oleh pandemi. Bisnis yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah Old Ben's Garage and Coffee sebuah bisnis yang memiliki model digital markerting dengan memanfaatkan media sosial, dan serta memanfaatkan pengiriman kurir instan. Old Ben's Garage and Coffee juga memilik website untuk memberikan informasi kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretatif yang bertujuan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dengan mengimplementasikan strategi bauran pemasaran 7P serta SWOT (Product,Price, Place, Promotion, people, Physical Evidence, Proses). Penilitian ini menunjukkan bahwa Old Ben's Garage and Coffee dapat bertahan dengan mengoptimalkan strategi pemasaran digital di masa Pandemi.
STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA AYAM PETELUR evi rosdiyanti; nurila nurila; farid farid; syahrul salim
Business Management Vol 1, No 2: Agustus 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/bisnis.v1i2.4443

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berdasarkan Usaha Ayam Petelur yang terus berkembang hingga saat ini tentunya memiliki strategi tersendiri dalam menjalankannya. Salah satu strategi yang dilakukan oleh usaha ayam petelur yaitu strategi promosi untuk memperkenalkan dan mempengaruhi konsumen supaya tertarik dan kemudian membeli produknya sehingga volume penjualannya meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data bersumber dari pemilik usaha ayam petelur, karyawan, dan konsumen dari usaha ayam petelur. Ada tiga metode dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: 1) startegi promosi yang dilakukan oleh usaha ayam petelur dalam meningkatkan volume penjualan adalah: a) penjualan perseorangan, di awal memulai usaha pemilik melakukan penawaran kepada konsumen, b) promosi penjualan dengan pameran dan sampel produk, c) periklanan dengan media sosial (Facebook, Instagram, WhatssApps) dan media outdor (baju kaos dan banner). 2) Kendala yang dialami usaha ayam petelur: a) kendala internal: sulit untuk meyakinkan konsumen, Kurang efektif dalam melakukan promosi dan media yang digunakan terbatas, Kurang menarik dalam melakukan posting produk. Kendala Eksternal: Adanya banyak pesaing, Harga telur yang mengalami naik dan turun. b) Solusi: Solusi kendala internal: Jujur dalam menyampaikan tentang produk, merekomendasikan konsumen untuk datang langsung ke tempat usaha, membuat akun khusus, merekrut karyawan untuk promosi dan pembelian secara online. Solusi kendala eksternal: mempertahankan kualitas telur asin, membangun hubungan baik dengan konsumen, dan pelayanan yang baik menambahkan penjelasan dan memperbaiki kualitas gambar, pengusaha tidak menaikkan harga jual melainkan mengurangi sedikit laba yang diperoleh pengusaha menaikkan harga apabila kondisinya benar - benar terdesak dan tidak ada solusi lain selain menaikkan harga jual telur asinnya.
Implementasi Pengetahuan, Keterampilan, Motivasi Kerja, Dan Etos Kerja Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan evi rosdiyanti; muhamad Guntur; farid farid
Business Management Vol 2, No 2 (2023): Business Management Agustus 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/bisnis.v1i2.4440

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas permasalahan yang terjadi dalam lingkup kinerja karyawan di Koperasi PNM Pancasila Wera. Maka dari itu melakukan pelaksanaan pengetahuan, keterampilan, motivasi kerja, dan etos kerja Islam dalam meningkatkan kinerja karyawan. Mengingat sumber daya manusia sangat berperan aktif dalam tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Data yang diambil merupakan data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam metode ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis model Miles dan Huberman, analisis ini dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Sedangkan untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kinerja karyawan yang dilakukan Koperasi PNM Pancasila Wera berupa pelatihan pengetahuan dan keterampilan, pemahaman motivasi kerja dan etos kerja Islam guna semakin meningkatnya kinerja karyawan yang baik dan berdampak pada pelayanan yang cepat. (2) Kendala yang terjadi di Koperasi PNM Pancasila Wera terbagi menjadi dua yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal yang sering terjadi kurangnya pemahaman karyawan atas tugas yang diberikan, sedangkan kendala eksternal berupa terbatasnya pemateri yang dibutuhkan dan alat pemenuhan motivasi kerja. (3) Atas kendala yang terjadi, solusi yang tepat atas seluruh aspek kendala adalah memberikan reward/fee kepada karyawan yang telah menyelesaikan targetnya, dengan begitu akan meningkatkan kinerja karyawan dan jumlah anggota/nasabah untuk menggunakan produk yang dijual

Page 1 of 4 | Total Record : 36