Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis

Analisis strategi pemasaran hotel prime plaza sanur pada masa pandemi covid-19

Putu Diah Chandraningsih (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
I Wayan Eka Sudarmawan (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Hotel Prime Plaza Sanur, di Kabupaten Denpasar, Bali. Hotel berbintang empat ini mengalami penurunan occupancy akibat adanya pandemi covid-19, sehingga belum dapat mencapai target occupancy pada beberapa bulan terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Prime Plaza Hotel Sanur pada masa pandemi covid-19. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT sesuai dengan acuan Teori Albert Humphrey (1960) dan Kearns (1968) serta teori Kotler dan Keller (2012) dalam bukunya yang berjudul Manajemen Strategi (2012) dalam penerapan bauran pemasaran. Hotel Prime Plaza Sanur berhasil diciptakan beberapa strategi yaitu: strategi memperluas hubungan kerjasama dengan rekan bisnis, strategi meningkatkan promosi melalui social media, strategi membuat entertainment baru di dalam hotel, strategi menambahkan variasi menu, strategi memperluas target pasar domestik, strategi menciptakan variasi produk baru, strategi meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, dan strategi mempertahankan brand image hotel. Kesimpulan yang didapat adalah hasil dari strategi pemasaran yang dilakukan sesuai dengan apa yang diharapkan, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan selama masa pandemi, dari kunjungan wisatawan bisnis dan masyarakat lokal yang ingin mengadakan private event dan juga berlibur. This research was conducted at Hotel Prime Plaza Sanur, in Denpasar Regency, Bali. This four-star hotel has experienced a decrease in occupancy due to the covid-19 pandemic, so it has not been able to reach the occupancy target in the last few months. The purpose of this study was to determine the marketing strategy carried out by Prime Plaza Hotel Sanur during the covid-19 pandemic. The types of data used are qualitative data and quantitative data. Data was collected by means of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses SWOT analysis in accordance with the reference to the theory of Albert Humphrey (1960) and Kearns (1968) and the theory of Kotler and Keller (2012) in their book entitled Strategic Management (2012) in the application of the marketing mix. Hotel Prime Plaza Sanur has successfully created several strategies, namely: a strategy to expand cooperative relationships with business partners, a strategy to increase promotion through social media, a strategy to create new entertainment in the hotel, a strategy to add menu variations, a strategy to expand the domestic market target, a strategy to create new product variations, strategies to improve product and service quality, and strategies to maintain the hotel's brand image. The conclusion obtained is the result of the marketing strategy carried out as expected, the increasing number of tourist visits during the pandemic, from the visits of business tourists and local people who want to hold private events and also vacations..

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...