Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis perbedaan percaya diri siswa dengan penerapan model PBL berbantuan Talking Stick dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yaitu kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi-Eksperimental tipe kelompok kontrol (Pra-Tes dan Pos-Tes) Nonekuivalen (Non-equivalent [Pre-Test and Post-Test] Control-Group Design). Penelitian dilakukan di 4 sekolah yang terdiri dari 2 SDN sebagai kelas eksperimen (SDN 2 Sape dan kelas V SDN INPRES Sangia dengan jumlah 54 siswa) dan 2 SDN sebagai kelas kontrol (SDN 8 Sape dan SDN INPRES Dea berjumlah 37 siswa). Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling: sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket percaya diri dan lembar observasi percaya diri siswa. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan hasil bahwa pada sekolah akreditasi A nilai Sig. angket 0,034 < 0,05 dan nilai Sig. lembar observasi yaitu 0,033 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sekolah akreditasi B nilai Sig. angket dan lembar observasi sama yaitu 0,017 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan treatmen dengan menerapkan model PBL berbantuan Talking Stick.
Copyrights © 2023