Cermin Dunia Kedokteran
Vol 49 No 4 (2022): Penyakit Dalam

Diagnosis Alopesia Areata Pada Anak: Kasus Serial

Haken Tennizar Toena (Departemen/KSM Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada/RSUP Dr. SardjitoYogyakarta, Indonesia)
Retno Danarti (Departemen/KSM Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada/RSUP Dr. SardjitoYogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Alopesia areata (AA) merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan alopesia non-sikatrisial. Kondisi ini merupakan dermatosis yang umum ditemui pada anak. Gambaran klinisnya berupa alopesia non-sikatrisial fokal, perlu dibedakan dari kondisi dapatan serupa lainnya, terutama yang sering terjadi pada anak. Kami melaporkan 5 kasus AA pada anak berusia di bawah 18 tahun. Diagnosis berdasarkan pemeriksaan klinis dan penunjang. Pemahaman karakteristik AA perlu diketahui untuk diagnosis, terutama pada pasien anak. Alopecia areata (AA) is a chronic autoimmune disease characterized by non-scarring alopecia. It is one of the most commonly found dermatosis in pediatric population. The clinical manifestations of focal non-scarring alopecia must be differentiated from other acquired focal non-scarring alopecia, especially those in children. This paper report 5 AA cases in children. Diagnosis was based on clinical and supporting examinations. Understanding the characteristics of AA, particularly in children, is important to make correct diagnosis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CDK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Cermin Dunia Kedokteran (e-ISSN: 2503-2720, p-ISSN: 0125-913X), merupakan jurnal kedokteran dengan akses terbuka dan review sejawat yang menerbitkan artikel penelitian maupun tinjauan pustaka dari bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat baik ilmu dasar, klinis serta epidemiologis yang menyangkut ...