Jurnal Pertanian Agros
Vol 25, No 1 (2023): edisi JANUARI

KAJIAN KELAYAKAN USAHA SELADA SISTEM HIDROPONIK NUTRIENT FILM TECHNIQUE (Studi Kasus Pada RB Farm Cangkringan, Sleman, Yogyakarta)

Ainur Wahida Sabrin Arwiyani (Unknown)
Dwi Aulia Puspitaningrum (Unknown)
Heni Handri Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kelayakan usaha pada RB Farm ditinjau dari aspek finansial. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode penentuan responden menggunakan purposive. Macam data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Net Present Value (NPV), Modified Internal Rate of Return (MIRR), Discounted Payback Period (DPP) dan analisis sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan RB Farm layak untuk diusahakan ditinjau dari aspek finansial, dengan nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp.271.716.406, nilai Modified Internal Rate of Return (MIRR) 6,45% dan Discounted Payback Period (DPP) yaitu 5 tahun 8 bulan 1 hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Pertanian Agros (JPA) is published by Faculty of Agriculture, Janabadra University and the Agribusiness Association of Indonesia (AAI). It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of Research, Technology, and Higher Education- Republic of Indonesia JPA ...