Keterampilan menyusun teks eksplanasi secara tertulis menuntut peserta didik untuk dapat mengungkapkan dan mengembangkan gagasannya, terhadap fenomena atau permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar, kemudian diamati dan dituliskan dalam bentuk teks eksplanasi, sehingga pengetahuan, daya pikir, dan kreativitas peserta didik dapat meningkat.tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksplanasi siswa Kelas XI MIA 1 SMAN Baitussalam melalui penerapan model pembelajaran NHT. Jenis penelitian yang diigunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi mengalami peningkatan yang signifikan pada siswa kelas XI SMANĀ Baitussalam. Pada Siklus I skor rata-ratamenulis teks eksplanasi sebesar 75. Pada siklus II terjadi peningkatan skor rata-rata menulis teks eksposisi menjadi 89,77. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan mencapai 14,77 siklus I sampai siklus II. Hasil dari tindakan yang dilakukan hingga siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan produk yaitu 81% siswa mendapatkan skor lebih dari atau sama dengan 81 dari skor maksimal 100 setelah diberikan tindakan.
Copyrights © 2022