JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH GERAKAN LITERASI MADRASAH TERHADAP MINAT BACA BAHASA INDONESIA KELAS IV

Salsabilah Rizky Arviani (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Nanang Khoirul Umam (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Minat baca siswa sangat dipengaruhi oleh program dan inovasi yang dilakukan baik oleh sekolah maupun guru itu sendiri. Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum berupaya melakukan literasi dalam rangkah memberikan vasilitas belajar siswa.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Gerakan Literasi Madrasah berpengaruh terhadap minat baca dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Ulum Gresik. Jenis eksperimen pendekatan kuantitatif digunakan bersamaan dengan desain penelitian ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa dari kelas IV A sebanyak 31 siswa dan IV B sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket, pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test antar kedua subjek. Berdasarkan temuan penelitian, rata-rata nilai pre-test adalah 76,97, sedangkan nilai post-test adalah 96,39. Temuan menunjukkan bahwa secara statistik, nilai rata-rata post test lebih tinggi dari pre test (adanya peningkatan). Berdasarkan nilai Sig (2-tailed) dari “Paired Samples Test”, hal ini terjadi. kurang dari 0,000 < 0,05 tolak H0 dan terima H1 berdasarkan keputusan yang dibuat dalam pedoman pengambilan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah dilakukan tes. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan budaya literasi mempunyai pengaruh terhadap minat baca siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan mendapatkan respon positif dari guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...