Agrilan : Jurnal Agribisnis Kepulauan
Vol 10, No 3 (2022): AGRILAN : JURNAL AGRIBISNIS KEPULAUAN

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI BUBUK DI UD. TRIYASA BARATA SURABAYA JAWA TIMUR

Aji Praviandana (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Jl. Rungkut Madya No. 1 Gn. Anyar, Kota Surabaya, Kode pos . 60294)
Endang Yektiningsih (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Jl. Rungkut Madya No. 1 Gn. Anyar, Kota Surabaya, Kode pos . 60294)
Sri Tjondro Winarno (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Jl. Rungkut Madya No. 1 Gn. Anyar, Kota Surabaya, Kode pos . 60294)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

UD. Triyasa Barata mengalami permasalahan pada penghasilan yang mengalami penurunan, salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah dampak pandemic covid-19. Tujuan riset ini untuk memformulasikan alternatif strategi pemasaran cascara di UD. Triyasa Barata yang unggul dan tepat. Lokasi riset ditentukan dengan sengaja UD. Triyasa Barata Surabaya. Metode riset menggunakan analisis matriks IFE, matriks EFE, dan analisis SWOT. Hasil riset memperlihatkan analisis data pada analisis matriks IFE didapatkan skor untuk faktor kekuatan sebesar 2,175 dan skor untuk faktor kelemahan sebesar 0,275. Sedangkan pada analisis matriks EFE didapatkan skor untuk faktor peluang sebesar 1,962 dan skor untuk faktor ancaman sebesar 1,325. Hasil analisis matriks SWOT menempatkan UD Triyasa Barata Surabaya berada pada kuadran I dan strategi yang harus diterapkan adalah melakukan pengembangan produk baik dengan membuat varian produk baru; harga jual sesuai dengan kualitas produk agar dapat bersaing; bekerjasama dengan lembaga perbankan untuk menjadi mitra bina usaha; mulai menambah jalur distribusi online yaitu promosi melalui media sosial dan endorse; dan memanfaatkan daerah Surabaya dan sekitarnya untuk mengenalkan produk.

Copyrights © 2022