All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 2: Juni 2022

Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Tulisan Deskripsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Fatin Nadifa Tarigan (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Nurmayana Nurmayana (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Lia Agustina Damanik (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Tulisan mahasiswa dalam teks berbahasa Inggris masih sering ditemukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kesalahan bahasa Inggris yang terdapat pada karangan deskripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Semester 4, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Tahun Akademik 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan model pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini diambil dari 28 teks deskripsi bahasa Inggris mahasiwa. Data penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang mengandung kesalahan tatabahasa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga kesalahan berbahasa yaitu 1) kesalahan Subject Verb agreement, 2) kesalahan tanda baca dan huruf kapital, dan 3) kesalahan keberterimaan.. Berdasarkan wawancara, faktor penyebab kesalahan pada karangan deskripsi responden yaitu pengetahuan tata bahasa Inggris yang terbatas.Kata Kunci: Kesalahan; Gramatikal; Deskripsi, teks Bahasa Inggris

Copyrights © 2022