All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 2: Juni 2022

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self - Manajemen Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin

Annisa Surya Putri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Ika Sandra Dewi (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah belum terlayani secara maksimal dengan layanan yang tepat.. Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self-Mangemen terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan 40 butir soal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa, sedangkan sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling, jadi sampelnya berjumlah 30 siswa. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Managemen Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin Tahun Pelajaran 2020-2021 bahwa dari hasil korelasi sebesar 0.278, sehingga kedua variabel memiliki hubungan ataupun pengaruh.Kata Kunci: Pengaruh; Bimbingan Kelompok; Kemandirian Belajar; Siswa.

Copyrights © 2022