All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 2: Juni 2022

Upaya Peningkatan Penjualan Ditinjau dari Mutu Produk pada Perum Bulog Kantor Seksi Logistik Sibolga

Yenni Sofiana Tambunan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Alwashliyah Sibolga Tapanuli Tengah)
Martuani Simamora (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Alwashliyah Sibolga Tapanuli Tengah)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuanadalah untuk mengetahui mutu produk terhadap Penjualan Pada Perum Bulog Seksi Logistik Sibolga dengan menarik hioptesis bahwa Ada Upaya Peningkatan Penjualan Ditinjau dari terhadap penjualan pada Perum Bulog Seksi Logistik Sibolga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Hasil penelitian meliputi jenis kelamin, tingkat pendidikan, usia serta interprestasi nilai rata-rata jawaban responden dari setiap kuisioner variabel. Seluruh butir pertanyaan telah diuji validitas dan reabilitas. Penulis menggunakan 30 orang responden sebagai sampel yang diambil dari seluruh populasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara mutu produk dan penjualan pada Perum Bulog Seksi Logistik Sibolga sebesar 0,472, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan sedang. Persamaan regresi yang diperoleh Y=22,650+0,643X yang menunjukkan pengaruh mutu produk terhadap penjualan. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, dimana t hitung 2,836>2,04841, yang berarti penjualan akan bertambah sebesar koefisien regresi/slop (0,643) apabila variabel mutu produk ditambah dengan satu satuan. Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa kemampuan model dalam menjelaskan variasi penjualan oleh variabel mutu produk sebesar 22,3% pada Perum Bulog Kantor Seksi Logistik Sibolga, sedangkan sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model sebesar 77,7%. Kata Kunci: Mutu Produk dan Penjualan

Copyrights © 2022