Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi
Vol. 1 No. 1 (2022): Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI)

Penerapan Computerized Adaptive Test (CAT) Pada Ujian Semester Menggunakan Algoritma Teori Respon Butir Model 2 Pl Berbasis Web (Studi Kasus : Kelas Xi Sman 1 Muara Jawa Kota Samarinda)

Nadia (Universitas Mulawarman)
Vina Zahrotun Kamila (Universitas Mulawarman)
Islamiyah (Mulawarman University)
Reza Wardhana (Mulawarman University)
Hario Jati Setyadi (Mulawarman University)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem tes yang dilaksanakan di sekolah menjadi berbantuan komputer. Diharapkan sistem ini dapat menampung bank soal untuk keperluan tes, sehingga tidak lagi menggunakan kertas dan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan bank soal, serta kerahasiaan soal pun dapat terjaga. Sistem ini dikembangkan menjadi sebuah sistem online dimana sistem ini dapat berjalan di internet atau jaringan lokal. Pada dasarnya sistem ini hampir sama dengan sistem CBT (Computerized Based Testing), namun sistem CAT (Computerized Adaptive Test) dapat merandom dan memberikan soal sesuai dengan kemampuan pesertanya. Jadi jika siswa tersebut memiliki kemampuan rendah, maka sistem akan memberikan soal yang lebih mudah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat menampung bank soal yang biasa digunakan untuk keperluan tes dalam jumlah banyak. Sistem ini juga dapat merandom soal sesuai dengan kemampuan peserta dan dapat mempersingkat waktu pengerjaan tes, karena soal yang diberikan kepada para peserta rata-rata hanya sebanyak 20 sampai 21 butir soal. Jika estimasi kemampuan peserta sudah tercapai, maka sistem secara otomatis akan menghitung skor akhir dengan menggunakan rumus teori respon butir dan sistem pun berhenti, dan hasil akhir dari kedua pengujian secara manual dan secara sistem tersebut kurang lebih sama dengan tingkat kemiripan hasil akhir dengan persentase rata-rata sebanyak 83%. Sehingga penggunaan CAT adalah sistem yang tepat untuk siswa mengerjakan tes online di SMAN 1 Muara Jawa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

atasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

This journal covers the field of publications on information systems which include: - Adoption Technology - Information Systems - E-commerce - E-Goverment - E-Learning - Analysis & Design of Information System - Enterprise Systems - Supply Chain ...