Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 5 No. 2 (2022): Desember 2022

HUBUNGAN ANTARA KEGELISAHAN MEMBACA DENGAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS VII SMPN 7 MEDAN

Hotmairawati Simanihuruk (Universitas Prima Indonesia)
Elisabeth Laura Br. Sihombing (Universitas Prima Indonesia)
Sadieli Telaumbanua (Universitas Prima Indonesia)
Riana Riana (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini akan membandingkan pemahaman dan kesenangan membaca. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain hubungan untuk menganalisis antara dua variabel (kegelisahan membaca dan membaca pemahaman). Dalam mengumpulkan data, angket digunakan untuk untuk menyelidiki tingkat dan potensi penyebab kegelisahan membaca.  Selain itu, dalam mengumpulkan data, peneliti membuat tes membaca pemahaman. Sumber kegelisahan membaca adalah gelisah ketika menentukan pokok isi teks dalam setiap paragraf dan masih perlu berlatih memahami isi puisi. Temuan penelitian, menggambarkan hubungan negatif antara kegelisahan dan pemahaman yang artinya semakin tinggi tingkat kegelisahan membaca semakin rendah skor membaca pemahaman dan sebaliknya semakin tinggi tingkat skor membaca pemahaman semakin rendah tingkat kegelisahan membaca.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...