Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Vol. 5 No. 3 (2022): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN INSTAGRAM MITRA KEBAB MONSTER DI KEMANGGISAN, DKI JAKARTA

Michelle Augustine (Universitas Tarumanagara)
Fajar Saputra (Universitas Teknokrat Indonesia)
Kevin Adhi Dhamma Setiawan (Universitas Tarumanagara)
Akbar Bimadi (Universitas Udayana)
Vindi Jessika Sampe (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Hetty Karunia Tunjungsari (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Kebab Monster is a dish partner that was established in 2015 in Kemanggisan, West Jakarta, and specializes in the form of kebabs. This partner has a center located in Kemanggisan, West Jakarta, and has branches spread across the Greater Jakarta area. One of the branches is the Kebab Monster branch next to the UNTAR campus. There are 2 variants of the kebab: monster and super monster, both are unique. Nevertheless, there are ups and downs that prevent all businesses from running smoothly. Decreased sales from the Kebab Monster partner branch next to the UNTAR campus, necessitates promotion on social media. Marketing by promoting on social media can have a significant impact on sales in the digital era. Also, using the current social media platforms that provide paid advertising services to promote products to social media users, the most prominent is Instagram. Promotion through social media can be considered effective because people nowadays stick around social media. The number of audiences reached by social media promotions is higher than promotions through brochures and cheaper than promotions from TV platforms. Therefore, the Community Service (PKM) team can assist the Kebab Monster branch next to the UNTAR campus through marketing using the promotion method from the Instagram application. The promotion method used is the design development through the descriptive observation, which later will be uploaded to the Instagram application feeds. The Instagram feed posts for the Kebab Monster branch next to the UNTAR campus which will be the output of this Community Service activity. ABSTRAK: Kebab Monster merupakan mitra makanan yang berdiri sejak 2015 di Kemanggisan, Jakarta Barat yang menyediakan makanan berupa kebab. Mitra ini memiliki pusat yang berada di Kemanggisan, Jakarta Barat, hingga sekarang memiliki cabang yang tersebar di daerah Jabodetabek. Salah satu cabang dari mitra ini adalah Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR. Keunikan dari Kebab Monster ini adalah dengan adanya 2 varian kebab yaitu monster dan super monster. Namun, tidak semua bisnis mitra dapat berjalan mulus, tentu saja adanya lika-liku yang dihadapi. Penurunan penjualan dari mitra Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR, yang membuatnya membutuhkan promosi di media sosial. Melakukan pemasaran dengan cara promosi di media sosial dapat berdampak besar pada penjualan di era digital ini. Selain itu, dengan adanya platform media sosial saat ini yang menyediakan layanan iklan berbayar untuk mempromosikan produk kepada pengguna media sosial tersebut, salah satunya adalah Instagram. Promosi melalui media sosial dapat dikatakan efektif dikarenakan masyarakat sekarang ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk melihat media sosial. Jumlah audiens yang dicapai dengan promosi melalui media sosial lebih banyak dibandingkan dengan promosi melalui brosur dan lebih murah dibandingkan dengan promosi dari platform TV. Maka dari itu, dengan adanya tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dapat membantu mitra Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR melalui pemasaran menggunakan metode promosi dari aplikasi Instagram. Metode promosi yang dilakukan adalah pengembangan desain melalui pengamatan secara deskriptif yang nantinya akan dimasukkan pada feeds aplikasi Instagram. Posting-an feeds Instagram Kebab Monster cabang sebelah kampus UNTAR yang akan menjadi keluaran dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

baktimas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia (P-ISSN 2620-7710 dan E-ISSN 2621-0398) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu : 1. Psikologi 2. Komunikasi 3. Hukum 4. Budaya 5. Bahasa 6. Seni Rupa dan Design Jurnal ilmiah ini diterbitkan oleh ...