Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan PBL terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP 1 SMK N1 Moro’o.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan sampel sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi didapat persamaan regresinya: Y = 67,43 + 0,45X. pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b) = 0,45 bertanda positif dengan Fhitung F tabel (17,99 4,14) tolak H0, artinya ada pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung diperoleh sebesar 0,730 dan ttabel sebesar 0,688. Maka (-0,688 < 0,730 atau 0,730> 0,688) maka Ada hubungan yang berarti (signifikan) model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat.
Copyrights © 2023