Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 3 No. 01 (2023): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Februari 2023

Pengaruh Pembelajaran Abad 21 dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Oslen Parulian Sijabat (Universitas HKBP Nommensen)
Agustina Cahaya Berlian Sihite (Universitas HKBP Nommensen)
Maria Marta Manao (Universitas HKBP Nommensen)
Firman Pangaribuan (Universitas HKBP Nommensen)
Tutiarny Naibaho (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan PBL terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP 1 SMK N1 Moro’o.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan sampel sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi didapat persamaan regresinya: Y  = 67,43 + 0,45X. pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b) = 0,45 bertanda positif dengan Fhitung  F tabel  (17,99  4,14) tolak H0, artinya ada pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung diperoleh sebesar 0,730 dan ttabel sebesar 0,688. Maka (-0,688 < 0,730 atau 0,730> 0,688) maka Ada hubungan yang berarti (signifikan) model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...