Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 3 (2022): Oktober 2022-Januari 2023

Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al-Qur’an di SMP IT Al Munadi Medan

Anggita Deswina Putri (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rizka Harfiani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2023

Abstract

Menghafal Al Qur’an adalah kegiatan yang sangat mulia, namun di dalam menghafal Al Qur’an ada kendala yang dihadapi oleh para penghafal Al Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa permasalahan yang dialami siswa dalam menghafal al-Quran di SMP IT Al Munadi Medan. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Al Munadi Medan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber datanya adalah data primer dandata sekunder, objek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru tahfidz. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dalam situs yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Problematika yang dihadapi siswa dalam menghafal Al Qur’an adalah rasa capek dan bosan yang menjadi masalah terbesar dihadapi siswa, munculnya rasa malas terdapat siswa yang tidak mampu mencapai target hafalannya. Sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa adalah, pengaruh penggunaan gadget yang terlalu berlebihan, tidak dapat mengatur waktu dengan baik dan kurangnya mendapat dukungan dari keluarga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...