Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha (JIKOBA)
Vol. 3 No. 1 (2023): JIKOBA (Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha)

TRANSFORMASI DIGITAL UMKM KOTA PALEMBANG

Intan Putri (Universitas Sumatera Selatan)
Ahmad Iman Mulyadi (Politeknik Negeri Sriwijaya)
Sri Dwi Fajarini (Universitas Muhammadiya Bengkulu)
Rizki Eriyansyah (Universitas Sumatera Selatan)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentu juga berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia beralih dari yang semula konvensional (offline) menjadi digital (online). Saat ini internet sangat mendunia dalam kehidupan manusia. Bagi masyarakat, internet memang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan banyak tugas, akan tetapi ternyata internet pun membawa pengaruh dari hal-hal yang negatif pada mereka. Penggunaan internet memang sangat membantu dan meringankan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat yang memiliki usaha. Semakin meningkatnya jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin signifikan terutama ditengah perkembangan teknologi komunikasi serta di masa pandemi Covid-19 beberapa tahun ini. Pemanfaatan internet terbukti membantu pelaku UMKM bertahan pada masa pandemi Covid-19. UMKM yang berada di garis depan guncangan ekonomi selama pandemi Covid-19 terlebih ketika terjadi lockdown, telah menghentikan segala aktivitas ekonomi secara tiba-tiba, terjadinya penurunan permintaan serta mengganggu rantai perekonomian di seluruh dunia. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian pada metode penelitian kualitatif sekaligus membatasi penelitian guna memilih mana data yang relevan. Penelitian ini akan difokuskan kepada transformasi digital UMKM Kota Palembang. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui data yang sesuai dengan tujuan penelitian yang objektif, maka peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Digital transformation atau transformasi digital adalah suatu perubahan metode dalam penanganan sebuah pekerjaan dengan menggunakan teknologi informasi agar lebih efektif dan efisien. Transformasi digital juga merujuk pada suatu proses perubahan ke masa depan (irreversible change) yang didasari pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara signifikan untuk memberikan nilai tambah bagi organisasi dan korporasi. Transformasi digital menuntut perubahan radikal dari proses bisnis konvensional menjadi proses bisnis digital. Pemanfaatan media sosial dan ecommerce memang dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli yang dilakukan oleh para UMKM untuk memasarkan produknya serta dapat meminimalkan biaya. Namun masih banyak pula pelaku UMKM yang kurang mengerti dengan pemanfaatan media sosial untuk memasarkan bisnisnya, mereka masih melakukan pemasaran secara tradisional yaitu dengan memasarkan produk langsung kepada konsumen yang hanya mempunyai cakupan wilayah yang masih kecil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikoba

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha fokus mengkaji pada studi komunikasi dan media. Walapun JIKOBA membahas tentang komunikasi tapi tidak menutup kemungkinan juga terbuka terhadap disiplin ilmu lain yang pendekatannya bersinggungan dengan ilmu komunikasi : Jurnal ini sebagai kajian media kajian ilmiah ...