Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Validitas Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Momentum dan Impuls

Fazriatun Fazriatun (Universitas Mataram)
Susilawati Susilawati (Universitas Mataram)
Muhammad Taufik (Universitas Mataram)
Sutrio Sutrio (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Pemahaman konsep merupakan dasar dan tahapan penting dalam rangkaian pembelajaran fisika karena peserta didik untuk belajar fisika yang berhubungan langsung dengan pemahaman mengenai konsep-konsep dan prinsip-prinsip fisika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan video untuk meningkatkan pemahaman konsep momentum dan impuls. Model penelitian yang digunakan yaitu 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Pada artikel ini penelitian dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop) yaitu melakukan validasi produk oleh validator. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, RPP, LKPD, instrumen tes, dan angket respon. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Hasil validitas perangkat memenuhi kriteria valid ditunjukkan dengan presentasi dari validator ahli dan praktisi yang mencapai 92,29% dan 91,36% berkategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran model discovery learning berbantuan video untuk meningkatkan pemahaman konsep momentum dan impuls valid digunakan dalam proses pembelajaran.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...