Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM)
Vol 5 No 1 (2023): Januari : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Bener Meriah

Rahma Diana (Universitas Gajah Putih)
Willa Murti Ningsih (Universitas Gajah Putih)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan utama sekolah sebagai bentuk layanan pendidikan bagi masyarakat. Sekolah diberi kebebasan memilih strategi, metode dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran, siswa, guru dan kondisi nyata sumber daya yang tersedia di sekolah. Adapun identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah kompetensi, motivasi, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Bener Meriah. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMK Negeri 1 Bener Meriah. Dan manfaat penelitian sebagai pengembangan ilmu pengetahuan yang baik serta menerapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti kuliah. Informasi dan referensi bagi kepala sekolah dan kepala cabang dinas pendidikan wilayah kabupaten bener meriah serta sebagai penambahan khasanah keilmuan. Ruang lingkup penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kompetensi, motivasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pada SMK Negeri 1 Bener Meriah, sebanyak 47 orang dan sampelnya sebanyak 47 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi dan Kuisioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode analisa data dengan menggunakan Persamaan Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 22 Dari hasil pembahasan diperoleh persamaan regresi yaitu Y= 2,192 + 0,192X1 + 0,418X2 + 0,220X3. Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai Kompetensi berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru, artinya > atau 2,110 > 1,681 serta nilai signifikan sebesar 0,041 < 0,05. Motivasi berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru, artinya > atau 4,471 > 1,681 serta nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Disiplin berpengaruh secara parsial terhadap kinerja guru, artinya > atau 2,728 > 1,681 serta nilai signifikan sebesar 0,009 < 0,05. Secara simultan bahwa Kompetensi, Motivasi, dan Disiplin terhadap Kinerja guru dibuktikan dari hasil perhitungan F bahwa nilai adalah sebesar 21,704 sedangkan adalah sebesar 2,82. Dimana nilai (21,704) > (2,82) serta nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 bahwa Kompetensi, Motivasi, dan Disiplin Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja guru. Sedangkan kemampuan variabel independen mempengaruhi variabel dependen adalah sebesar 0,602 dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam model penelitian ini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUIIM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen (JUIIM) adalah jurnal terbitan berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Putih Program Studi Manajemen. Isi jurnal mencakup bidang keilmuan Manajemen meliputi: Manajemen, Manajemen Syariah, Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, ...